Cara Membuat Visa Korea, Penuhi 5 Syarat Ini Yuk!

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 01:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 406 2315264 cara-membuat-visa-korea-penuhi-5-syarat-ini-yuk-vSIFUxOgxM.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KOREA Selatan belakangan ini selalu menjadi destinasi wisata primadona banyak orang. Sebelum liburan ke Korea, pastinya Anda harus tahun cara membuat visa.

Cara membuat visa Korea tidaklah sulit. Butuh kesabaran dan lengkapi syarat-syaratnya agar tak kesulitan.

Visa Korea diperlukan untuk kunjungan wisata, pekerja, pelajar maupun perjalanan bisnis. Okezone pun merangkum bagaimana cara membuat Visa Korea Selatan yang mudah. Jika penasaran simak ulasan di bawah ini ya!

Baca Juga: Cara Membuat Visa ke Australia, Apa Aja Syaratnya?

1. Melengkapi persyaratan umum

 visa

Syarat umum dalam membuat paspor adalah hal-hal yang berkaitan dengan data diri pemohon. Pastikan untuk melengkapi persyaratan dibawah ini agar Visa pemohon tidak ditolak.

- Paspor Asli

- Fotokopi Paspor (berupa stampel negara yang pernah dikunjungi dan identitas diri)

- Fotokopi KTP, Akta lahir dan Kartu Keluarga

- Fotokopi surat nikah (jika sudah menikah)

- Surat keterangan kerja dari perusahaan (dalam bahasa inggris)

- Surat rekomendasi kampus atau sekolah untuk pelajar (dalam bahasa Inggris)

- Pas foto 4x6 background putih (2)

- Rekening koran asli selama 3 bulan terakhir (cap/legalisir bank)

- Surat referensi Bank

- Bukti potongan pajak SPT PPh21

Setelah semua persyaratan lengkap, pemohon harus mengunduh formulir pendaftaran yang berisi 5 halaman di http://www.visaforkorea-in.com/Ba/Visa_Sub1.aspx

 

2. Dokumen pendukung lain

 

Dokumen pendukung ini hanya ditujukan untuk seseorang yang berpergian sendiri, melakukan kegiatan bisnis, pekerja luar negeri dan seseorang yang memiliki nama di KK dan KTP yang berbeda.

- Untuk istri yang berpergian sendiri harus menyertakan surat izin suami yang ditandatangani diatas materai 6000 beserta fotokopi KTP suami dan bukti rekening koran suami.

- Bagi anak yang berpergian tanpa orangtua harus menyertakan surat izin orangtua yang ditandatangani diatas materai 6000 beserta fotokopi KTP kedua orang tua dan bukti rekening koran orangtua.

- Bagi pemohon yang ingin melakukan perjalanan bisnis harus menyertakan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.

- Bagi seseorang yang bekerja atau tinggal di luar negeri, sertakan surat sponsor dan slip gaji yang sudah di cap oleh Kedubes Indonesia di negara tersebut.

- Untuk pemohon yang memiliki nama berbeda di KK dan KTP harus melampirkan surat PM1 dari Kelurahan, ini bertujuan untuk memastikan bahwa nama di KK dan KTP adalah orang yang sama.

3. Jenis Visa dan Kegunaanya

Terdapat lima macam Visa yang tentunya memiliki kegunaan yang berbeda tergantung kebutuhan pemohon Visa.

- Single Visa: digunakan untuk pemohon yang hanya berada di Korea tidak lebih dari 90 hari

- Single Visa Khusus: kunjungan yang lebih dari 91 hari.

- Double Visa: Berlaku selama 6 bulan untuk 2x pergi ke Korea.

- Grup Visa: Visa hanya bisa dibuat oleh Agen Travel yang memiliki grup wisatawan minimal 5 orang dan maksimal 50 orang dengan tanggal keberangkatan dan kepulangan yang sama.

- Multiple Visa: 5 tahun bebas berkunjung ke korea dengan (masa tinggal 30 hari) dan 10 tahun bebas berkunjung dengan (masa tinggal 90 hari)

Namun Multiple Visa hanya bisa dibuat untuk seseorang yang sudah pernah berkunjung ke Korea Selatan. Pemohon yang pernah berkunjung ke Pulau Jeju atau berkunjung menggunakan Grup Visa tidak termasuk dalam kualifikasi Multiple Visa.

Daftar harga Visa bisa di cek di website resminya http://www.visaforkorea-in.com/Ba/sub4.aspx

4. Pembuatan Visa bisa diwakilkan

Bagi Okezoners yang ingin ke Korea Selatan namun sulit mengurus Visa karena tidak tinggal di Jakarta atau tidak ada waktu untuk datang, jangan khawatir karena pembuatan Visa bisa diwakilkan.

Siapa yang berhak mewakilkan? Simak ulasan ini ya!

- Jika pergi bersama Keluarga, salah satu anggota keluarga boleh mewakilkan pembuatam Visa asalkan menyertakan Kartu Kaluarga sebagai bukti

- Jika pergi bersama teman dan sahabat, salah satu teman boleh mewakilkan pembuatam Visa dengan syarat membuat surat kuasa yang ditandatangani diatas materai 6000

- Jika terlalu jauh untuk menjangkau, saat ini ada Agen Travel yang siap membantu untuk pembuatan Visa, namun dengan syarat agen tersebut sudah terdaftar di Kedutaan Korea.

Untuk info agen bisa dilihat di website resminya http://overseas.mofa.go.kr/viewer/skin/doc.html?fn=20181024075752564.docx&rs=/viewer/result/202011

5. Visa dibuat di KVAC Jakarta

Visa hanya bisa dibuat di Jakarta yaitu di KVAC atau Korean Visa Application Center yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue, Ciputra World 1 Unit 5F-05A LT. 05, Jalan Prof. DR. Satrio No.1, RT.18/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Jam operasional Senin-Jumat 11.00-16.00 WIB (Tutup hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, serta hari libur Kedutaan Korea)

Hal-hal yang harus dilakukan ketika berada di KVAC antara lain

- Melakukan pembayaran sesuai jenis Visa di Hana Bank yang lokasinya berada didalam area KVAC.

- Setelah mendapat materai, serahkan kepada loket konsuler dan mengambil nomor antrian sesuai kategori Visa.

- Setelah itu, berikan dokumen dan Anda akan diberikan tanda terima untuk nantinya mengambil Visa yang telah jadi

- Cek status Visa secara berkala di https://www.visa.go.kr/openPage.do?MENU_ID=10301, ketika status sudah berubah menjadi approved, datanglah kembali ke KVAC sesuai jadwal yang ditentukan dan jangan lupa untuk membawa tanda terima yang sebelumnya diberikan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini