Edhy Prabowo Tersandung Kasus Lobster, Ini Daerah Penghasil Terbaik di Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 301 2315760 5-daerah-penghasil-lobster-terbaik-di-indonesia-oD76U0KDLz.JPG Lobster (Foto: Pixabay)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo bersama sejumlah orang lainnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (25/11/2020) dini hari. Edhy ditangkap diduga terkait penetapan izin ekspor benih lobster.

Nah, bicara soal lobster, ia merupakan kuliner paling diminati pencinta hidangan laut alias seafood. Tekstur dagingnya yang lembut membuat lobster mendapat tempat di hati penggemarnya.

Jika Anda termasuk pecinta lobster, maka tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga kaya lho sebagai penghasil lobster. berikut 5 daerah di Indonesia yang terkenal dengan kelezatan lobsternya, sebagaimana dilansir dari laman Pertanianku.com.

Aceh

Wilayah di ujung barat negara Indonesia ini juga dikenal dengan lobsternya yang memiliki cita rasa nikmat. Salah satunya ialah Pulo Aceh yang terletak di Kabupaten Aceh Besar. Berbagai jenis lobster premium bisa Anda ditemukan di sini, di antaranya lobster mutiara, lobster pasir, lobster batu, hingga lobster bambu.

Baca juga: Liburan di Manado, 4 Camilan Khas Ini Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

DI Yogyakarta

Yogyakarta merupakan surga berbagai olahan seafood segar hasil tangkapan nelayan. Ya, jika Anda berkunjung ke pesisir selatan Yogyakarta, maka akan menemukan kuliner lobster yang lezat tentunya. Lobster umumnya bisa dijumpai di daerah Gunungkidul. Pantai Nampu, Pantai Drini, hingga Pantai Timang adalah penghasil lobster terbaik di sana. Harga lobster di sini dibanderol antara Rp250-300 ribu.

Cilacap

Daerah Cilacap menjadi salah satu "lumbung" lobster terbaik di Indonesia. Tak semahal di lokasi lainnya, lobster di daerah ini cukup terjangkau yakni Rp100-150 ribu per kilogram. Tak heran jika banyak pelancong sengaja mencari lobster asal Cilacap ini. Cilacap juga tersohor dengan daerah penghasil jenis udang premium di Indonesia. Sebut saja udang jerbung, udang dogol, hingga udang tiger bisa Anda temukan di Cilacap.

Gresik

Jika berkunjung ke Gresik, jangan lupa untuk singgah ke daerah Bawean. Tak cuma soal rasa, ukuran lobster di Bawean sangat memuaskan. Seekor lobster bisa memiliki berat hingga satu kilogram. Lobster di daerha ini banyak dibudidayakan dalam keramba. Wadah keramba ini dibuat di dekat bibir pantai Pulau Bawean. Adapun lobster yang dibudidayakan masyarakat ialah jenis lobster mutiara dan lobster bambu.

Lombok Tengah

Lombok Tengah di Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di Teluk Awang merupakan salah satu destinasi penghasil lobster terbaik di Indonesia. Nelayan di sini pun lebih banyak berburu hewan bercangkang ini ketimbang ikan. Namun, harga lobster yang ditawarkan pun fantastis. Satu kilogram lobster Teluk Awang dibanderol bisa mencapai Rp500 ribu. Hebatnya, nelayan setempat mampu mendulang ratusan ekor lobster sekali panen lho!.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini