Edhy Prabowo Ditangkap Terkait Ekspor Benur, Ini Pantai Surganya Kuliner Lobster di Banyuwangi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 301 2315804 edhy-prabowo-ditangkap-terkait-ekspor-benur-ini-pantai-surganya-kuliner-lobster-di-banyuwangi-1fjnsWW1OW.jpg Pantai Mustika, Banyuwangi, Jawa Timur (Foto Instagram @harisaa_sa)

MENTERI Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga kuat terkait ekspor benur atau benih lobster. Edhy ditangkap bersama 12 orang rombongannya, Rabu (25/11/2020) dini hari tadi di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki hasil laut berlimpah, tak terkecuali lobster yang kini jadi komoditas ekspor. Sejak jadi Menteri KKP, Edhy Prabowo melegalkan ekspor benih lobster. Kebijakan ini menuai kritik dari berbagai pihak, tapi Edhy tak peduli.

Baca juga: Edhy Prabowo Tersandung Kasus Lobster, Ini Daerah Penghasil Terbaik di Indonesia

Selain jadi komoditas ekspor, lobster kini dijadikan daya tarik wisata nusantara. Sejumlah daerah memunculkan aneka kuliner berbahan lobster untuk menggoyang lidah para pelancong. Salah satunya di Pantai Mustika, Banyuwangi, Jawa Timur.

Baca juga: Wisata Kuliner Legendaris di Malioboro, Ini Deretan Warungnya

Selain menyuguhkan pemandangan alam eksotis yang dibalut dengan cerita-cerita rakyat dan kearifan lokal, Pantai Mustika sejak 2019 ditetapkan sebagai kawasan kuliner lobster oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

ilustrasi

Lobster (Unplash)

Dalam Festival Pantai Mustika pada Senin 9 September 2019, Abdullah Anas mengajak wisatawan berkunjung menikmati keelokan Pantai Mustika dan mencoba sajian kuliner seafoodnya yang khas, udang lobster.

“Festival ini menandai identitas baru Pantai Mustika sebagai destinasi yang menyajikan kuliner lobster. Wisatawan yang ingin menikmati seafood lobster yang fresh, bisa datang ke Pantai Mustika," kata Anas saat itu.

Dikatakan Bupati Anas, dengan dijadikannya Pantai Mustika sebagai destinasi kuliner baru, akan menghidupkan perekomian masyarakat sekitar. Anas yakin dengan lobster sebagai sajian utama, akan mampu menarik wisatawan datang ke pantai ini.

“Pantai Mustika ini sangat indah dan menawan, pemandangan sunset-nya sangat luar biasa. Apalagi, lobster banyak dicari oleh pemburu kuliner. Pantai ini menjadi ikon baru wisata bahari Banyuwangi,” kata Anas.

Baca juga: Edhy Prabowo Tersandung Kasus Lobster, Ini Daerah Penghasil Terbaik di Indonesia

Festival ini berlangsung meriah. Ratusan pengunjung yang hadir disuguhkan deretan kuliner lobster. Aroma khas lobster yang dimasak pun meruak di sekitar lokasi.

Seluruh lobster yang dijual di pantai ini merupakan hasil tangkapan nelayan setempat. Wisatawan juga bisa meminta langsung kepada penduduk lokal untuk mengolahnya. Jadi tidak perlu diragukan lagi kesegarannya.

Nah, sembari menikmati lobster, para pengunjung juga disuguhkan kesenian khas warga setempat.

"Setiap bulan, kami agendakan tampil kesenian yang dibawakan warga setempat sebagai atraksi bagi wisatawan," kata Anas.

Selain kuliner, Pantai Mustika juga dilengkapi glamour camping (glamping) di pinggir pantai. Tenda-tenda ini diperuntukan bagi wisatawan backpacker yang ingin bermalam di sana.

"Sambil menikmati deburan ombak pantai mustika wisatawan bisa memanfaatkan tenda untuk bermalam. Pasti ini akan sangat menyenangkan,” kata Bupati Anas.

Bila tertarik mengunjungi Pantai Mustika, lokasinya berada di Dusun Pancer Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Letaknya tak jauh dari Pantai Pulau Merah, sekitar 3 km ke arah barat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini