5 Jenis Lobster yang Hidup di Perairan Indonesia, Harganya Bisa Sampai Jutaan!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 301 2315825 5-jenis-lobster-yang-hidup-di-perairan-indonesia-harganya-bisa-sampai-jutaan-OnEEvWUr9k.JPG Lobster (Foto: Instagram/@lobster.andfish)

MASYARAKAT Indonesia tengah dihebohkan oleh berita penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penangkapan berlangsung dini hari tadi terkait kasus ekspor benur atau benih lobster.

Isu ini memang sempat menyita perhatian publik. Terlebih ketika mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melayangkan kritikan tajam kepada Edhy Prabowo yang diketahui melegalkan ekspor benih lobster pada bulan Juli lalu.

Pasalnya, semasa kepemimpinan Susi Pudjiastuti, ia menutup rapat keran ekspor benih lobster. Susi menganggap bahwa hal tersebut justru merugikan negara, masyarakat, dan nelayan.

Bicara soal lobster, Indonesia sebagai negara kepulauan memang memiliki potensi komoditi laut yang berlimpah. Indonesia bahkan diklaim sebagai negara penghasil benih lobster terbesar di dunia.

Jenis lobsternya pun sangat beragam. Beberapa di antaranya masuk dalam kategori langka dan memiliki nilai jual yang sangat tingi. Dikutip Okezone dari berbagai sumber, berikut 5 jenis lobster dengan nilai jual tinggi di Indonesia.

Lobster Mutiara

Lobster Mutiara (Foto: Rumah Lobster)

Lobster Mutiara

Memiliki tekstur daging lembut dengan sensasi rasa gurih yang kuat, tak heran bila lobster mutiara menjadi salah satu lobster favorit dan termahal di Indonesia. Jangan kaget, harga lobster berwarna hijau dengan totol putih ini dibanderol sekitar Rp1 juta per kilogram lho, Okezoners!

Baca juga: Edhy Prabowo Tersandung Kasus Lobster, Ini Daerah Penghasil Terbaik di Indonesia

Bahkan menurut penjelasan Susi Pudjiastuti, Lobster Mutiara dengan berat sekira 1,2 sampai 1,4 kilogram bisa dihargai minimal Rp5 juta per kilogramnya.

"Bibitnya diambil dr Laut diekspor ke Vietnam per ekor cuma Rp139.000. Bener kita harus ekspor bibitnya?? Apa tidak lebih baik tunggu besar&jual dg harga lebih dr 30Xnya???" tulis Susi dalam akun Twitter pribadinya.

Lobster Bambu

Nama lobster yang satu ini diambil dari warnanya yang hijau seperti bambu. Beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan nama lobster hijau.

Lobster Bambu sangat mudah ditemui di Aceh, Sumatra Barat, Manado, Makassar hingga Jawa Barat. Harga jualnya berkisar antara Rp500 ribu-Rp750 ribuan.

Lobster Pakistan

Namanya mungkin terdengar mewah karena berasal dari negara di Asia Selatan. Tapi siapa sangka lobster pasir ternyata bisa ditemui di perairan Jawa Timur, seperti Lamongan. Di pasaran, harga jualnya berkisar Rp350 ribu-Rp750 ribu per kilogram.

Lobster Pasir

Jenis lobster lain yang sering ditemukan di perairan Indonesia adalah Lobster Pasir (Panulirus Homalus). Lobster ini juga mulai dibudidayakan para nelayan karena memiliki nilai jual yang tinggi. Seekor lobster pasir berukuran 1.000 gram dibanderol sekitar Rp700 ribu dalam kondisi hidup atau masih segar.

Lobster Pasir

Lobster Pasir (Foto: Instagram/@agenlobster)

Lobster Kipas

Terakhir ada lobster kipas. Lobster ini hidup di perairan dangkal atau pesisir pantai. Harganya jualnya relatif rendah dan bisa dipesan di beberapa e-commerce. Kisarannya mulai Rp100 ribuan - Rp250 ribuan saja. Meski demikian, cita rasa dagingnya tidak kalah lezat dengan jenis lobster lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini