5 Tempat Wisata Dekat Bandara Yogyakarta, Sudah Pernah ke Sini?

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 408 2316248 5-tempat-wisata-dekat-bandara-yogyakarta-sudah-pernah-ke-sini-t2btCy7zOT.jpg Kalibiru. (Foto: Okezone)

TEMPAT wisata di Yogyakarta umumnya menawarkan pemandangan pegunungan dan pantainya yang indah. Tak terkecuali di dekat kawasan Bandara Internasional Yogyakarta.

Bandara Internasional Yogyakarta terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Mengunjungi tempat wisata di sekitar bandara tersebut menjadi pilihan terbaik, karena tidak memakan waktu yang banyak dan mudah untuk dijangkau.

Berikut rangkumannya untuk Anda, 5 tempat wisata di sekitar Bandara Internasional Yogyakarta yang wajib dikunjungi, dilansir Okezone dari Indonesia Travel, Kamis (26/11/2020).

Baca Juga: Heboh OTT Edhy Prabowo, Intip 3 Pantai Cantik Penghasil Lobster di Gunungkidul

Pantai Glagah

 glagah

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai indah yang dimiliki Yogyakarta. Terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai Glagah dikenal karena memiliki hamparan pasir berwarna hitam dan mengandung pasir besi. Tak jarang kawasan pantai tersebut sering dijadikan objek wisata bagi penyuka olahraga ekstrem seperti motocorss atau ATV.

Daya tarik dari Pantai Glagah ini antara lain hamparan pasir hitamnya yang unik, memiliki laguna yang menawarkan wisata air, serta keberadaan perkebunan buah naga. Selain itu, anda juga bisa menikmati keindahan pantai dari dermaga. Dermaga Pantai Glagah dilengkapi dengan tetrapod atau sea wall yang membuat anda merasa aman saat memandang ke laut lepas.

Waduk Sermo

Waduk yang berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo ini sering disandingkan dengan Ranu Kumbolo, Gunung Semeru karena sama-sama memiliki keindahan yang siap memesona siapa saja. Karena pemandangannya yang indah dengan dikelilingi perbukitan, Waduk Sermo memiliki potensi wisata yang wajib dikunjungi saat bertandang ke yogyakarta.

Waduk Sermo juga sering dijadikan lokasi latihan atau lomba dayung. Kawasan yang instagramable ini juga bisa menjadi lokasi dan spot camping yang menawarkan latar keindahan hijaunya pepohonan serta danau yang kebiru-biruan.

“Udaranya yang sejuk, pemandangan alamnya yang ciamik dijamin bisa buat harimu makin ceria," tulis Instagram @ayodolan.

 

Kalibiru

 kali

Hanya berjarak beberapa menit dari bandara menuju ke Jalan Waduk Sermo, anda akan menemukan kawasan Kalibiru yang memiliki pemandangan hutan rimbun yang indah dari atas ketinggian kota Yogya sambil duduk di atas tempat berbentuk hati yang romantis.

Memiliki ketinggian 450 mdpl, Kalibiru terletak di perbukitan Monoreh yang merupakan objek wisata alam hutan. Kalibiru menjadi destinasi wisata dan spot foto instagramable yang populer. Anda akan dimanjakan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan dataran tinggi yang luas. Di puncaknya, anda akan menemukan sebuah prasasti batu, menara pandang serta fly over untuk spot berfoto yang keren.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Monoreh. Memiliki ketinggian 1.019 mdpl, di atas puncak tersebut anda dapat melihat dari kejauhan Candi Borobudur yang megah yang dikelilingi oleh Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu dan Merapi dengan menggunakan teleskop.

Anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5.000 untuk merasakan pengalaman dan keindahan alam yang dimiliki Puncak Suroloyo. Perjalanan untuk mencapai puncaknya sendiri memang penuh tantangan dan petualangan, namun itu semua akan terbayar lunas sesampainya di Puncak Suroloyo karena pemandangan alam yang indah dan menakjubkan terhampar di depan mata.

Kedung Pedut

Wisata alam Kedung Pedut merupakan objek wisata populer di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta yang dikenal karena keindahan warna airnya. Kedung Pedut sendiri merupakan kolam besar yang terbentuk secara alami. Airnya merupakan hasil dan aliran dari air terjun Kedung Pedut.

Komponen warna airnya yaitu putih jernih dan hijau menakjubkan adalah hasil perpaduan antara kucuran air terjun yang bersih dan bebatuan di dasar sungai. Anda dapat berenang dan menikmati atmosfer alam di sekitarnya yang begitu sejuk dan asri.

Lokasi kedung pedut sendiri terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Grimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Anda harus mendaki dan menuruni perbukitan untuk bisa sampai di lokasi ini, karena letak Kedung Pedut berada di antara bukit pegunungan Monoreh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini