Kena PHK Imbas Corona, Mantan Pilot Jualan Mi Kari di Pinggir Jalan

Ersa Ambarita, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 01:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 301 2316875 kena-phk-imbas-corona-mantan-pilot-jualan-mi-kari-di-pinggir-jalan-vQL9ojvMIY.JPG Mantan pilot di Malaysia jualan mi kari di pinggir jalan (Foto: Malay Mail)

PERUBAHAN nasib dialami Azrin Mohammad Zawawi setelah kehilangan pekerjaannya sebagai pilot imbas pandemi virus corona alias Covid-19. Padahal ia telah melakoni pekerjaan sebagai juru kemudi si "burung besi" selama dua dekade terakhir.

Hingga akhirnya Covid-19 memberi pukulan keras bagi industri penerbangan, tempat selama ini Azrin menggantungkan hidupnya.

Perusahaan penerbangan tempatnya bekerja harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal terhadap lebih dari 2.000 karyawan, di mana Kapten Azrin termasuk di dalamnya.

Baca juga: Wisatawan Indonesia Terbesar Kedua di Singapura, Tembus 3,1 Juta Orang!

“Tak banyak yang bisa Anda lakukan. Tak banyak juga yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan harus mengurangi operasi dan biaya untuk tetap bertahan dan sayangnya saya adalah salah satu orang yang harus dilepaskan,” ujar Azrin, mengutip laman Malay Mail.

Namun, kondisi itu tak lantas membuatnya kehilangan akal. Azrin bersama keluarganya memutuskan membuka bisnis kuliner berupa menu mi kari di Boom Town Cafe USJ 11, Selangor, Malaysia.

Kini kios tersebut diberi nama Kapten Corner. Azrin juga mengungkapkan saat pertama kali membuka usaha kuliner, ia sama sekali tak ingin menggunakan seragamnya. Tapi, orang-orang terus bertanya, dan akhirnya ia pun memakai seragam tersebut saat berjualan.

“Mereka (pelanggan) terus meminta saya untuk memakainya sehingga istri saya meyakinkan saya untuk memakainya dan kemudian saya tidak punya pilihan,” imbuhnya.

Berkat seragam yang dikenakannya pada hari itu dan difoto langsung oleh ayahnya Mohammad Zawawi Ahmad, membuat usaha kulinernya viral di media sosial (medsos). Banyak yang memuji cara kreatif Azrin yang bertahan saat pandemi.

“Ini menginspirasi.. tapi bikin mewek 😭 semangat Capt,” tulis @dewiika.

“Sehat-sehat selalu capt. Rezeki bisa dari mana saja❤," tambah @fatmansari.

Usaha yang dijalankan Azrin menawarkan makanan khas utara, seperti mi kari, sop bihun, rujak dan laksa utara. Ia berharap pengalamannya ini juga akan memberi cerita baik untuk orang-orang yang sedang berjuang di tengah pandemi. Kios ini buka pada Selasa hingga Minggu mulai pukul 14.00 waktu setempat.

"Rangkullah tantangan dan pantang menyerah. Ini seperti menerbangkan pesawat, kami selalu bergerak maju," tulis Azrin di akun instagram @kaptencorner.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini