Jenazah Maradona Disemayamkan 3 Hari di Istana Casa Rosada

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 406 2316508 jenazah-maradona-disemayamkan-3-hari-di-istana-casa-rosada-nkMjgFcOXC.JPG Diego Armando Maradona (Foto: Reuters)

JENAZAH pesebakbola legendaris Argentina, Diego Armando Maradona yang meninggal dunia di usia 60 tahun akan disemayamkan di Istana Kepresidenan La Casa Rosada, Kota Buenos Aires. Maradona sebelumnya mengembuskan napas terakhirnya akibat serangan jantung.

"Maradona akan berbaring di Istana La Casa Rosada sehingga publik dapat memberi penghormatan kepada pahlawan olahraga itu dari (hari) Kamis hingga Sabtu," ungkap Juru Bicara Kepresidenan, Mario Huck, melansir laman AFP, Kamis (26/11/2020).

Sempat muncul spekulasi jika pesepakbola yang terkenal dengan gol tangan Tuhannya itu akan disemayamkan di stadion milik tim Boca Juniors dan Argentinos Juniors. Namun, pihak pemerintah rupanya telah melakukan persiapan khusus.

Para pekerja terlihat sibuk memindahkan barang-barang dari pintu masuk gedung, yang lama tak digunakan sejak pandemi Covis-19.

Baca juga: Melihat Kafe Diego Maradona di Abu Dhabi

Maradona

(Foto: Reuters)

Tubuh mendiang Maradona dibawa dari rumahnya di Tigre, di mana dia menghabiskan waktu terakhirnya. Sebelumnya, jasad Maradona terbaring di kamar jenazah di San Fernando, Provinsi Buenos Aires, untuk diautopsi pada Rabu malam.

"Jenazah Maradona akan menjalani autopsi untuk mengetahui penyebab kematiannya," ujar jaksa penuntut umum, John Broyard.

Presiden Alberto Fernández telah mengumumkan tiga hari berkabung nasional untuk menghormati mantan kapten sekaligus pelatih Tim Tango.

Istana La Casa Rosada

La Casa Rosada yang dalam Bahasa Indonesia berarti "Rumah Merah Jambu" merupakan Istana Kepresidenan sekaligus kantor resmi Presiden Argentina. Casa Rosada merupakan buah karya tiga arsitek yakni Carl Kihlberg, Henrik Aberg dan Francesco Tamburini.

Bangunan tersebut secara resmi disebut sebagai Casa de Gobierno (Rumah Pemerintah). Dikutip dari Wikipedia, Presiden Argentina lazimnya tinggal di Quinta De Olivos, kediaman resmi Presiden Argentina, yang terletak di Olivos, Provinsi Buenos Aires.

Istana Casa Rosada

Istana Casa Rosada (Foto: 10best)

Warna yang menjadi ciri Casa Rosada adalah merah jambu muda. Bangunan ini dianggap sebagai salah satu bangunan paling populer di Buenos Aires.

Di sana juga terdapat museum yang menyimpan berbagai benda apapun yang berhubungan dengan para mantan Presiden Argentina. Casa Rosada juga telah dinyatakan sebagai sebuah monumen bersejarah nasional negara itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini