Pandemi Covid-19, Ngidam Liburan di Kapal Pesiar Tunda Dulu Ya!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 406 2316902 pandemi-covid-19-ngidam-liburan-di-kapal-pesiar-tunda-dulu-ya-Q48Ux8dR7r.jpg Ilustrasi. (Foto: Independent)

SEIRING meningkatnya kasus Covid-19 di hampir seluruh negara bagian Amerika Serikat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengeluarkan beberapa pedoman terkait kegiatan wisata. Salah satunya wisatawan diminta untuk menghindari liburan di kapal pesiar, karena risiko infeksi dilaporkan sangat tinggi.

CDC mengeluarkan pedoman tersebut laman resmi mereka dengan judul “Covid-19 and Cruise Ship Travel’. Secara rinci, pedoman itu meminta agar wisatawan menghindari perjalanan dengan kapal pesiar baik di laut maupun sungai.

Kebijakan ini terpaksa dikeluarkan hanya beberapa minggu setelah CDC mencabut larangan pelayaran di Amerika Serikat untuk kapal pesiar. Menurut pernyataan mereka, risiko infeksi di kapal pesiar sangat tinggi.

 kapal

Namun bagi wisatawan yang terpaksa atau sudah terlanjur memesan paket wisata menggunakan kapal pesiar, CDC menyarankan agar mereka melakukan tes Covid-19 tiga hingga lima hari setelah perjalanan. Selain itu, wisatawan juga diimbau untuk isolasi mandiri di rumah selama kurang lebih tujuh hari terlepas dari hasil tes yang mereka terima.

Jika wisatawan tidak melakukan tes Covid-19, maka mereka harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari penuh.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti: Kalau Tak Dukung Pariwisata Indonesia Akan Saya Tenggelamkan

Sebelumnya, industri pelayaran di Amerika Serikat terpaksa membatalkan sebagian besar jadwal perjalanan di sepanjang tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. Padahal, sejumlah perusahaan pelayaran telah melakukan berbagai upaya untuk mereaktivasi kembali kegiatan wisata kapal pesiar ini.

Mereka bahkan telah menggelar sejumlah simulasi perjalanan guna memastikan protokol kesehatan yang telah diterapkan benar-benar dapat melindungi wisatawan.

Pada tahap awal, perusahaan pelayaran akan diminta untuk membuktikkan bahwa mereka telah menerapkan prosedur keselamatan yang tepat untuk mengurangi risiko penyebaran virus di kapal.

Belum diketahui secara pasti, apakah panduan atau kebijakan yang dikeluarkan CDC ini akan memengaruhi minat wisatawan untuk kembali berwisata menggunakan kapal pesiar. Namun sejumlah tour operator dilaporkan tetap menyediakan paket-paket khusus yang digadang-gadang dapat menjamin kesehatan, keamanan, dan keselamatan wisatawan. Demikian dilansir dari Foxnews, Jumat (27/11/2020). (dwk)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini