4 Spot Snorkeling Terbaik di Yogyakarta, Pantai Wediombo hingga Sadranan

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 408 2316362 4-spot-snorkeling-terbaik-di-yogyakarta-pantai-wediombo-hingga-sadranan-3JbhnoPf3i.jpg Snorkeling di Pantai Nglambor (jogjavacation.id)

DAERAH Istimewa Yogyakarta tidak hanya menawarkan wisata alam, budaya, hinggga kuliner, namun juga wisata bawah lautnya yang menarik. Dengan pesona pantainya cantik, Yogyakarta juga mempunyai beberapa spot snorkeling yang tidak kalah keren dengan Raja Ampat atau Gili Trawangan.

Meskipun pantai di Yogya terkenal dengan ombaknya besar dan dahsyat, namun beberapa pantai berikut ini cukup aman dan keren untuk dijadikan spot snorkeling sambil melihat keindahan bawah lautnya yang menawan.

Baca juga: Deretan Pantai-Pantai Eksotis di Bali Selatan, Pesonanya bak Surga

Melansir dari akun instagram @ayodolan, Kamis (26/11/2020), berikut 4 pantai dengan spot snorkeling yang bisa anda nikmati keindahan bawah lautnya di Yogyakarta.

Pantai Wediombo

Wediombo merupakan salah satu pantai yang berada di deretan garis pantai selatan Yogya. Memiliki pasir pantai yang putih dan halus serta banyaknya bongkahan batu karang yang tersebar disepanjang pantai, Pantai Wediombo juga menjadi salah satu lokasi snorkeling terbaik yang ada di Yogya.

Terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Wediombo menyediakan 2 lokasi snorkeling yaitu di bibir pantai atau di tengah laut yang mengharuskan anda naik perahu untuk tiba di lokasi snorkeling ini. Wedimbo juga dikenal sebagai penyedia paket snorkeling lepas laut pertama di Yogya. Sehingga cocok untuk anda melihat keindahan bawah laut hingga terumbu karang yang ada di sana.

“Untuk tarif snorkeling di area pantai dikenakan biaya Rp30.000, sedangkan di area tengah laut dikenakan tarif Rp80.000 dengan minimal 6 orang” tulis keterangan instagram @ayodolan

Pantai Nglambor

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunung Kidul yang terkenal memiliki ombak yang besar, Pantai Nglambor bisa menjadi lokasi berenang sekaligus snorkeling dengan ombak pantainya yang tidak terlalu besar dan aman.

ilustrasi

Pantai Nglambor

Panorama pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta ini sangat indah dan menarik. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih bisa membuat anda melihat kawanan ikan berwarna-warni, terumbu karang, hingga rumput laut yang terlihat jelas dari permukaan.

“ombaknya cenderung kecil dan tenang sehingga nyaman untuk snorkeling” tulis keterangan intagram @ayodolan.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Gratis Tiket Masuk, Apa Saja?

Waktu terbaik untuk snorkeling di Pantai Nglambor ini adalah pada saat pagi hari, di mana waktu pagi tersebut air laut sedang pasang sehingga ikan berkumpul dan terumbu karang dapat terlihat jelas. Untuk snorkeling di Pantai Nglambor dikenakan biaya Rp50.000 dan anda akan mendapatkan fasilitas berupa pelampung, sepatu dan kacamata renang.

Pantai Drini

Salah satu pantai yang cukup terkenal dan menjadi favorit wisatawan di Gunung Kidul ialah Pantai Drini. Pantai tersebut memiliki ciri khas dengan adanya sebuah pulau karang di lepas pantai serta kawasan pantainya yang cukup luas dan landai. Selain itu, Pantai Drini juga menjadi salah satu lokasi snorkeling terbaik di Yogya.

Pantai yang dijuluki sebagai Tanah Lot nya Yogya ini terletak di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Drini terbagi menjadi 2 bagian dimana salah satunya terdapat sebuah laguna yang menjadi lokasi snorkeling terbaik dan menyenangkan.

Waktu terbaik untuk snorkeling adalah pada saat air laut sedang surut agar tidak ada ombak besar yang dapat menyeret anda ke tengah lautan. Di sini anda dapat menjumpai ikan-ikan kecil yang lucu dan terumbu karang yang indah. Untuk alat sewa peralatan snorkeling di sini juga terbilang cukup murah, harganya mulai dari Rp50.000, sedangkan untuk jasa penyewaan alat snorkeling juga dapat ditemukan dengan mudah di sekitaran Pantai Drini ini.

ilustrasi

Pantai Drini

Pantai Sadranan

lokasi snorkeling di Yogyakarta yang terakhir adalah Pantai Sadranan. Memiliki hamparan pasir putih yang luas, perairan yang dangkal, serta ragam biota laut mulai dari ikan hingga terumbu karang, menjadikan Pantai Sadranan sebagai alternatif lokasi snorkeling terbaik di Yogyakarta.

Pantai Sadranan terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Waktu terbaik untuk snorkeling di sini adalah pada pukul 9 pagi hingga 3 sore di mana air laut mulai surut dan ombaknya yang tenang. Pemandangan bawah laut di sini juga sangat indah dengan aneka terumbu karang dan ikan-ikan kecil beraneka ragam yang berwarna-warni.

Di lokasi Pantai Sadranan juga telah tersedia penyewaan alat snorkeling dan pemandu yang siap membantu anda memberikan arahan cara snorkeling yang baik dan spot-spot seru untuk melakukan snorkeling. “untuk biaya penyewaan alat snorkeling hanya dikenakan tarif Rp50.000 per jamnya” tulis keterangan akun instagram @ayodolan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini