5 Wisata Air Terjun di Muara Enim, Daerah Asal Edhy Prabowo

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 408 2316782 5-wisata-air-terjun-di-muara-enim-daerah-asal-edhy-prabowo-AG8BZwu2SP.JPG Air terjun Curup Bali di Muara Enim, Sumsel (Foto: Instagram/@rossssyh)

MENTERI Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu 25 November 2020. Menteri Edhy ditangkap atas dugaan kasus ekspor benur atau benih lobster.

Sepak terjang Edhy Prabowo di ranah politik memang tak bisa dipandang sebelah mata. Ia mulai dikenal para petani di Sumatra Selatan setelah beberapa kali menjabat anggota DPR RI bahkan menjadi Ketua Komisi IV yang membidangi pertanian.

Begitu banyak bantuan bidang pertanian yang diperjuangkan pria kelahiran Muara Enim, Sumatra Selatan, 24 Desember 1971 ini. Setelah terpilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, nama Edhy Prabowo pun semakin dielu-elukan oleh masyarakat Sumatera Selatan, terkhusus Muara Enim.

Bagi sebagian orang, Kabupaten Muara Enim sendiri mungkin belum terdengar gaungnya. Namun siapa sangka, tempat kelahiran Edhy Prabowo itu menyimpan segudang potensi pariwisata yang tak kalah dengan daerah lainnya. Terutama untuk wisata berbasis alam.

Nah, berikut ini Okezone rangkumkan 5 potensi wisata alam di Muara Enim yang bisa jadi referensi liburan Anda. Sebagaimana dikutip dari andalastourism.com, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Pengembangan Geopark Ciletuh- Palabuhanratu Perlu Riset Berkelanjutan

Air Terjun Bedegung

Air terjun Bedegung merupakan salah satu tempat wisata andalan dari Muara Enim tepatnya berada di Kecamatan Tanjung Agung. Masyarakat sekitar yang menyebut air terjun ini dengan sebutan Curup Tenang Bedegung memiliki panorama yang sangat eksotis.

Untuk menuju ke lokasi Anda perlu waktu tempuh 30 menit dari desa yang terdekat dengan lokasi serta harus melalui medan yang cukup terjal dan menanjak. Meski begitu, perjuangan Anda akan terbayar tatkala melihar pemandangan berupa pepohonan hijau yang berada di sekeliling air terjun setinggi 99 meter ini. Belum lagi disekitar air terjun terdapat banyak spot berendam yang airnya sangat segar. Lokasinya berada di Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim.

Air Terjun Bemban

Selain air terjun Bedegung, Muara Enim juga memiliki air terjun Bemban yang sama-sama berada di kawasan kecamatan Tanjung Agung. Berbeda dengan air terjun sebelumnya, Bemban merupakan air terjun yang cukup unik dengan adanya undakan bebatuan alami yang membuatnya semakin terlihat eksotis. Lokasinya berada di Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim.

Air Terjun Curup Bali

Bagi Anda yang ingin tantangan yang sedikit ekstrim maka berkunjung ke air terjun Curup Bali perlu dicoba. Pasalnya air terjun yang berada di Desa Lebak Budi ini untuk menempuhnya harus melalui medan yang cukup ekstrem sehingga membutuhka tenaga yang ekstra. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar sudah tatkala melihat air terjun setinggi 20 meter ini.

Debit airnya yang cukup besar ditambah dengan lingkungan sekitar air terjun yang masih alami semakin membuat decak kagum siapapun yang melihat. Lokasinya berada di Lebak Budi, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim.

Air Terjun Jernihan

Air terjun Jernihan menjadi favorit bagi para petualang. Pasalnya untuk sampai di air terjun, Anda diharuskan melalui lebatnya hutan dan butuh waktu tempuh yang cukup lama sekitar 1 jam. Belum lagi medannya yang sangat berat.

Yang menarik dari air terjun Jernihan adalah pemandangan sekitar yang cukup asri dan masih alami serta ada spot beberapa kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Lokasinya berada di Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Air Panas Gemuhak

Puas bermain air terjun yang dingin, saatnya Anda untuk menikmati air panas Gemuhak. Air panas ini memiliki keindahan yang tiada tanding. Untuk menuju ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari desa terdekar dengan medannya yang cukup menanjak.

Selain air panas yang mencapai 100 derajat celcius, di Gemuhak juga ada bunga anggrek yang mirip kalajengking dan masyarakat sekitar menyebutnya bunga Gemuhak. Tidak hanya itu, di beberapa kesempatan juga ada glestser yang muncul. Lokasinya berada Gunung Tiga, Kecamatan Semendo, Kabupaten Muara Enim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini