Bangga! 4 Kali Beruntun Indonesia Raih Destinasi Selam Terbaik di Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 406 2317055 bangga-4-kali-beruntun-indonesia-raih-destinasi-selam-terbaik-di-dunia-bTfOCqHCN2.JPG Penyelam sedang mengamati pemandangan bawah laut Indonesia (Foto: Instagram/@iboih_wisata_sabang)

INDONESIA kembali dinobatkan sebagai destinasi wisata selam terbaik di dunia (The Best Scuba Diving Destinations 2020) oleh majalah selam bergengsi asal Inggris, Dive Magazine.

Ini merupakan tahun keempat berturut-turut Indonesia mempertahankan posisi pertama dalam ajang Dive Awards 2020.

Melansir Dive Magazine, penghargaan ini diberikan setelah lebih dari 11.000 nominasi dan 30.000 suara diberikan selama periode enam bulan untuk 108 tempat wisata di seluruh dunia dan terdapat 1.100 pusat selam dan resor, Indonesia akhirnya dinobatkan sebagai pemenang utama.

"Indonesia menyabet posisi teratas untuk empat tahun bertahun-tahun, dengan perolehan suara terbanyak. Bahkan, jumlah suaranya masih lebih banyak dibandingkan jumlah suara destinasi-destinasi lain digabungkan jadi satu," tulis Dive Magazine dalam keterangannya.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ngidam Liburan di Kapal Pesiar Tunda Dulu Ya!

Dive Magazine kemudian menjelaskan beberapa alasan yang mengukuhkan Indonesia sebagai destinasi selam terbaik dunia di tahun 2020. Mereka menyebutkan bahwa Indonesia memiliki beragam pulau dengan potensi wisata bahari yang sangat luar biasa.

Mulai dari suasana santai yang disuguhkan Pulau Gili, keindahan manta mayhem di Nusa Penida. Lalu dilanjutkan oleh eksotisme pantai berpasir hitam di Lembeh hingga zona pelagik yang sangat memukau di Taman Nasional Komodo.

Tak berhenti di situ saja. Raja Ampat yang dikenal berkat keberagaman terumbu karangnya pun turut menjadi sorotan. Ditambah lagi Wakatobi dengan segudang 'kemewahannya'.

"Mungkin banyak orang berpikir ini sedikit tidak adil karena Indonesia selalu mendapat suara terbanyak pada penghargaan kami. Tapi kembali lagi, Indonesia memang benar-benar layak menerima penghargaan ini," tegas Dive Magazine.

Selain menyabet posisi pertama untuk kategori spot selam terbaik dunia, sebuah Pusat Menyelam Indonesia, Scuba Junkie, juga memenangkan penghargaan untuk “Pusat atau Resor Selam Terbaik di Dunia untuk 2020”.

Scuba Junkie memiliki resor menyelam di beberapa tempat wisata selam populer yaitu Komodo, Nusa Penida dan Sangalaki, serta lokasi lainnya di Sabah, Malaysia.

“Indonesia memiliki beberapa lokasi menyelam terbaik di dunia yang telah diakui di Indonesia sendiri, tentunya pantas untuk mendapatkan penghargaan yang fantastis. Kami juga sangat bangga dengan pusat penyelaman milik kami dan semua staf di sini dapat dianugerahi penghargaan luar biasa dan sulit diungkapkan betapa beruntungnya kami mengelola usaha ini yang terdapat di lokasi lain yang adalah tempat wisata selam kelas dunia” kata, Direktur Scuba Junkie di Indonesia, Rohan Perkins.

Rohan berharap penghargaan ini dapat berdampak positif bagi pariwisata selam Indonesia, baik domestik maupun Internasional, dan bahkan untuk seluruh sektor pariwisata secara keseluruhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini