Deretan Pulau Eksotis yang Asyik Dijelajahi saat Liburan Akhir Tahun

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 408 2317198 deretan-pulau-eksotis-yang-asyik-dijelajahi-saat-liburan-akhir-tahun-Db3Y3xk3uT.JPG Kepulauan Derawan (Foto: Instagram/@hvtrip)

LIBUR akhir tahun selalu dinantikan oleh banyak orang. Setelah disibukkan oleh berbagai aktivitas, tak ada salahnya menikmati momen ini untuk berlibur, baik sendiri ataupun bersama kerabat. Apalagi di sepanjang tahun 2020 ini pandemi Covid-19 terus membuat keinginan liburan terhambat.

Mendekati akhir tahun kebanyakan orang sudah mulai merencanakan liburan mereka. Mulai dari pemilihan destinasi, pesan penginapan, hingga transportasi yang digunakan.

Namun perlu diperhatikan dalam memilih destinasi wisata, pasalnya berbagai tujuan pasti akan lebih ramai dari biasanya.

Jika Anda bosan dengan gedung pencakar langit dan padatnya perkotaan, pelesiran ke pulau-pulau di berbagai daerah bisa jadi pilihan. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam pulau yang indah nan eksotis yang cocok untuk memulihkan kondisi diri.

Saking banyaknya pulau mungkin Anda akan bingung menentukan pilihan. Nah Okezone telah merangkum 5 pulau yang asyik jadi tempat berlibur di akhir tahun.

1. Raja Ampat

Terletak di Provinsi Papua Barat, Raja Ampat terdiri dari gugusan empat pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Pantai pasir putih berpadu dengan birunya air laut, batuan karang yang menjulang.

Baca juga: 5 Aktivitas Liburan Paling Memorable saat ke Danau Toba hingga Bali

Raja Ampat juga bakal membius Anda dengan pesona kehidupan bawah laut, tanaman dan pepohonan hijau, hingga hewan-hewan eksotis. Pulau ini sangat terasa damai dan masih alami, oleh karena itu cocok untuk melepas penat di akhir tahun.

Dinobatkan sebagai salah satu lokasi menyelam dan snorkeling terbaik dunia, keindahan bawah laut Raja Ampat tidak perlu diragukan lagi. Kehidupan Flora dan fauna bawah air tampak memesona siapapun yang melihatnya.

Objek wisata menarik di Raja Ampat ada Piaynemo yang menampilkan pulau-pulau karang di atas laut biru tosca. Selain itu ada Pasir Timbul yang muncul di jam-jam tertentu saat air laut surut. Bahkan daya tarik itu juga mampu menggaet wisatawan domestik maupun luar negeri.

2. Belitung

Pulau Belitung tak hanya menawarkan keindahan pantai dan kekayaan bawah laut saja. Selain punya banyak pantai dengan bebatuan besar, ada keragaman hayati dan budaya yang membuatnya menjadi salah satu Geopark Nasional. Pemandangan alam yang istimewa memang sangat digandrungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Latar tempat dari film Laskar Pelangi ini punya berbagai hal yang menarik untuk dikunjungi. Antara lain pantai Batu Bedil yang memiliki keunikan yaitu saat angin kencang, pantai ini mengeluarkan bunyi seperti tembakan. Ada juga Danau Kaolin, Bukit Peramun, hingga kawanan monyet liar di Seliu.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Belitung adalah November hingga Maret. Hal ini dikarenakan kondisi angin di sana jauh lebih ramah di periode ini. Namun, perlu waspada karena curah hujan pada waktu ini cukup tinggi sehingga mungkin saja mengganggu aktivitas liburanmu di Pulau Belitung.

3. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kawasan ini punya sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para pecinta diving.

Tempat ini dijuluki sebagai Pristine Island yaitu, tempat yang masih menjaga keasriannya sehingga membuat banyak pengunjung yang berbondong-bondong untuk datang ke sini. Wisatawan bisa coba merasakan sensasi bermalam langsung di pinggir pantai.

Menariknya, ada Goa Haji Mangku yang memiliki bentuk vertikal dan di dalamnya ada air sehingga sekilas seperti danau. Selain itu juga memiliki beberapa satwa langka seperti penyu sisik dan penyu hijau.

4. Pulau Tegal Mas

Sering disebut sebagai Maladewa atau Maldives ala Indonesia, Pulau Tegal Mas memiliki konsep dasar mirip dengan pulau yang jadi tujuan berlibur ini, antara lain eksotisme alam dan deretan penginapan terapung di atas air. Suasana pantainya yang masih alami dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama, di pulau ini Anda juga akan dengan mudah menemukan tempat instagramable

Melansir dari channel YouTube NEWS MNCTV, Pulau Tegal Mas terkenal akan hamparan pasir putih dan lautnya yang tenang. Sebagai salah satu destinasi pulau terfavorit di Lampung, Pulau Tegal Mas memiliki berbagai fasilitas yang makin membuat wisatawan tertarik berkunjung, antara lain diving, snorkeling, hiking, hingga tur mengelilingi pulau.

Pulau Tegal Mas tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, lewat jalur darat membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai di Pantai Sari Ringguh. Kemudian harus menyeberangi lautan menggunakan kapal atau speed boat.

5. Pulau Pari

Terakhir ada Pulau Pari yang merupakan bagian dari kawasan Kepulauan Seribu. Terletak tak jauh dari ibu kota membuat pulau ini pas buat Anda yang tidak ingin bepergian jauh di akhir tahun.

Pulau Pari adalah pulau berpenduduk, dengan Pantai-pantainya yang kece seperti pantai perawan, pantai bintang, dan pantai kresek.

Pantai di sini mempunyai hamparan pasir putih dengan air laut biru kehijauan sangat memanjakan mata. Kehidupan bawah lautnya pun sangat beraneka ragam sehingga jadi spot snorkeling atau diving.

Jika tertarik berkunjung ke Pulau Pari dapat melalui Pelabuhan Muara Angke atau Dermaga Marina di Jakarta Utara. Aksesnya bisa menggunakan kapal atau menyewa speed boat. Dari Jakarta menuju ke Pulau Pari memakan waktu perjalanan sekitar dua jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini