Share

Viral Tempat Pembuangan Sampah Disulap Jadi Wisata Air Mengagumkan

Ersa Ambarita, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 408 2318040 viral-tempat-pembuangan-sampah-disulap-jadi-wisata-air-mengagumkan-o8aAfS5NmZ.JPG Objek wisata Aryakibans Land di Majalengka, Jawa Barat (Foto: Instagram/@aryakibans_land)

TEMPAT pembuangan sampah identik dengan suasana kotor, bau dan jorok. Bahkan tak banyak masyarakat yang peduli akan jadi apa tumpukan sampah tersebut.

Namun, langkah dan kesadaran yang berbeda rupanya terjadi di Aryakibans Land, di Desa Rajagaluh Kidul, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Di tempat inilah para pemuda Majalengka menunjukkan kreativitas dan kepedulian mereka terhadap lingkungan dalam kurun waktu enam bulan.

Aryakibans Land dulunya adalah area yang digunakan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah selama seperempat abad terakhir.

Baca juga: Mau Glamping Seru di Ciwidey? Ini Pilihan Destinasi yang Pemandangannya Keren Banget

Kini tempat tumpukan sampah tersebut disulap menjadi wisata air yang mengasyikkan dan menyegarkan.

Aryakibans Land

(Foto: Instagram/@aryakibans_land)

Pengelola tempat wisata, Didin, awalnya hanya berencana membersihkan sampah dengan bantuan masyarakat desa.

Namun, karena perubahan signifikan yakni tempat jadi sangat bersih dan memikat, membuat banyak pengunjung memadati tempat ini sebagai wisata keluarga.

“Sebenarnya itu bukan tempat wisata, dulunya kita peduli, anak-anak sekitar sini peduli sama sama sampah, sama lingkungan, terus kita inisiatif untuk membersihkan sampah sekitar sini,” ujarnya, dikutip dari channel YouTube iNEWSTV BANDUNG, Minggu (29/11/2020).

Objek wisata yang menawarkan nuansa pegunungan ini seakan melengkapi wisata River Tubing yang ada di sekitarnya. Pengunjung bisa bermain air sambil memacu adrenalin.

Selain itu, keberadaan Aryakibas Land ini telah menopang pemberdayaan perekonomian warga di saat pandemi Covid-19.

Dilansir dari akun resminya @aryakibansland, wisata air ini buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 pada weekday dan pukul 08.00 hingga 17.00 WIB pada akhir pekan dan hari libur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini