Daftar Minuman Populer Korea Selatan yang Jarang Diketahui Orang

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 301 2318170 daftar-minuman-populer-korea-selatan-yang-jarang-diketahui-orang-MUSzlQbnN6.JPG Yujacha, salah satu jenis minuman populer di Korsel (Foto: Instagram/@michuu.coffee)

BICARA soal Korea Selatan tak melulu soal K-Pop. Ya, negeri ginseng itu juga dikenal dengan ragam kulinernya yang beberapa tahun belakangan ikut populer di Indonesia. Sebut saja Kimbap, Tteokbokki, Samyang, hingga minuman alkoholnya yang paling terkenal yakni soju.

Selain soju, Korea juga menyimpan berbagai jenis minuman yang tak kalah populer. Perbedaannya, minuman-minuman ini tidak mengandung alkohol, bahkan ada yang terkategori jenis minuman herbal.

Jadi makin penasaran kan apa saja sih minuman itu? Simak daftarnya berikut ini sebagaimana menyitir laman Taste Atlas.

Baca juga: 3 Taman Hiburan di Korea Selatan yang Bikin Liburan Makin Seru

Yujacha

Di urutan pertama ada yujacha atau teh yuja. Minuman ini mungkin lebih dikenal dengan sebutan yuzu tea. Sesuai namanya, minuman khas Korea ini terbuat dari campuran jeruk yuzu dan madu.

Minuman ini bisa dibuat dengan mencampurkan irisan buah jeruk yuzu segar dengan gula lalu mencampurkannya dengan air hangat. Teh ini harus dinikmati selagi hangat dan sering diklaim sebagai obat tradisional yang menenangkan.

Sikhye

Sikhye

(Foto: MyKoreanKitchen)

Di urutan ke dua ada sikhye. Ini merupakan minuman manis non-alkohol tradisional Korea Selatan yang dibuat dengan bubuk barley malt, gula, nasi, dan kacang pinus. Minuman unik ini mempunyai rasa yang cukup manis dengan paduan rasa unik dari barley malt.

Minuman ini biasanya dikonsumsi saat liburan perayaan Korea seperti Tahun Baru dan Festival Panen Korea. Mereka percaya bahwa sikhye baik untuk pencernaan karena mengandung serat makanan dan antioksidan.

Hwachae

Berikutnya ada hwachae. Ini adalah minuman tradisional khas Korea yang terbuat dari sari buah-buahan. Biasanya, buah yang sering digunakan dalam minuman ini adalah stroberi, persik, jeruk, hingga semangka. Minuman ini kemudian diberi pemanis berupa omija atau madu.

Sujeonggwa

Terakhir ada sujeonggwa, yang merupakan minuman tradisional khas Korea yang terbuat dari buah kesemek. Cara membuatnya yaitu dengan merebus air, kesemek kering, dan kayu manis. Anda juga bisa menambahkan jahe ke minuman ini.

Sujeonggwa

(Foto: Instagram/@merry.ig)

Diketahui, sujeonggwa dikonsumsi saat liburan perayaan Korea bersama dengan sikye. Minuman tradisional ini juga dapat membantu gangguan pencernaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini