5 Spot Angkringan di Yogyakarta Ini Dijamin Bikin Kangen

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 301 2318201 5-spot-angkringan-di-yogyakarta-ini-dijamin-bikin-kangen-tGferiESYQ.JPG Angkringan Lek Man di Yogyakarta (Foto: Instagram/@dhasjourney)

BICARA soal Yogyakarta pasti yang terlintas di pikiran adalah angkringan. Angkringan di Yogya memang dikenal murah dan enak. Jika Anda sedang berkunjung ke kota ini, pastikan untuk mampir menikmati kuliner yang begitu ikonik dan populer ini. di Yogya Anda bisa menemukan berbagai angkringan dengan identitas dan ciri khasnya masing-masing

Angkringan biasanya dijajakan dengan gerobak sederhana beratapkan terpal plastik dengan menu andalannya seperti nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan dan gorengan.

Bahkan tidak jarang warga luar kota Yogya begitu jatuh cinta dan ketagihan menikmati sajian minimalis di warungan angkringan yang ada di Yogya.

Melansir dari akun Instagram @jogja, berikut 5 spot angkringan di Kota Pelajar yang dijamin bakal ngangenin. Selain tempatnya asyik untuk bercengkerama bareng keluarga dan kolega, ragam menunya pun sangat terjangkau dan tidak menguras isi kantong.

Baca juga: 5 Street Food Khas Jakarta, Sudah Pernah Coba?

Angkringan Lek Man

Kopi joss khas Yogya adalah menu andalan yang identik dengan Angkingan Lek Man. Warung angkringan ini berada di utara Stasiun Tugu Yogyakarta, tepatnya di Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta dan sudah ada sejak tahun 1950-an.

Angkringan Lek Man merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang unik karena keberadaan kopi jossnya yang khas. Kopi joss adalah seduhan kopi yang dicelupkan dengan bara arang panas didalamnya. Bagi sebagian orang, ini adalah cara menyeruput kopi yang tidak biasa.

Angkringan ini buka setiap hari mulai pukul 14.00 hingga 03.00 WIB. Selain kopi joss, Angkringan Lek Man juga menyajikan beragam menu minimalis, mulai dari nasi kucing, sate telur puyuh, tempe dan tahu goreng, aneka macam baceman dan lain-lain.

Angkringan KR, Pak Jabrik

Angkringan ini merupakan salah satu tempat nongkrong paling terkenal dan ramai di Yogya. Menempati halaman teras kantor surat kabar lokal, angkringan ini tak pernah sepi pengunjung apaalagi saat weekend. Angkringan Pak Jabrik terletak di Jalan P. Mangkubumi Gowongan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta.

Angkringan Pak Jabrik

(Foto: Instagram/@angkringanjabrik)

Sama seperti angkringan di Yogya pada umumnya, di sini menyajikan beragam menu yang harganya cukup murah, seperti nasi kucing dengan isian sambel teri, oseng tempe, oseng ati, oseng jamur. Ada juga aneka lauk lain seperti sate telur puyuh, sate usus, sate keong dan lain-lain.

Jam buka mulai pukul 12 siang hingga 02.00 dini hari, Lokasi angkringan ini juga kerap menjadi tempat ngumpul dan nongkrong berbagai komunitas seni, mahasiswa dan beberapa klub motor yang ada di Yogya.

Angkringan Wijilan

Warung angkringan ini bisa dibilang yang terbesar di Yogyakarta dengan aneka menu lauk pauk yang beragam. Angkringan Wijilan memiliki halaman yang cukup luas dan berlantai dua hingga menyajikan menu prasmanan untuk anda bebas pilih.

Angkringan ini lebih dikenal dengan nama angkringan Kang Harjo, di sini Anda bebas pilih mengambil nasi, lauk dan aneka sayuran yang terdiri dari 24 pilihan. "Di kawasan Wijilan, bukan hanya bisa makan gudeg enak, tapi juga ada tempat nongkrong sambil makan ala angkringan” tulis akun instagram @jogja.

Terletak di Jalan Wijilan, Panembahan, Kecamatan Keraton, Yogyakarta, Angkringan Wijilan atau Kang Harjo ini buka mulai pukul 17.00 hingga 02.00 WIB. Di sini Anda bisa makan dengan suasana yang cozy ditemani pencahayaan remang-remang nan syahdu yang dijamin bikin rindu untuk kembali lagi ke sini.

Angkringan Pendopo Ndalem

Kalau biasanya angkringan memiliki kesan sederhana dan minimalis, lain halnya dengan lokasi angkringan satu ini. Angkringan Pendopo Ndalem merupakan angkringan yang sedikit berkelas dan mewah. Menempati pendopo rumah bangsawan Jawa, di sini Anda akan merasa seperti makan ala bangsawan.

Angkringan Pendopo Ndalem

(Foto: Instagram/@ye.es.el)

Terletak di Jalan Sampilan Nomor 12, Ngasem, Kadipaten, Keraton, Yogyakarta, angkringan ini cukup cozy dengan beragam menu lauk makanan yang tidak meninggalkan gaya angkringanya. Selain itu, anda juga bisa menikmati jajanan khas jawa yang mulai jarang ditemukan, seperti clorot, kipo, semar mendem, lupis dan jadah manten

Angkringan Pendopo Ndalem juga dilengkapi WiFi dan cocok untuk kumpul keluarga, buka mulai jam 18.00 hingga 23.30 WIB. “Selain nyaman, angkringan ini juga terlihat mewah,” tulis caption Instagram @jogja.

Angkringan Mas Bagong

Lokasi angkringan ini berada di dekat Tugu Yogya yang ikonik. Anda bisa menikmati malam kota Yogyakarta di sekitaran Tugu yang asyik dan ngangenin. Menikmati segelas kopi hitam dengan arang yang membara yaitu kopi joss khas Yogya merupakan teman nongkrong yang pas.

Angkringan Mas Bagong

(Foto: Instagram/@harison_tarigan)

Sama seperti menu angkringan pada umumnya, Angkringan Mas Bagong juga menyediakan nasi kucing, aneka gorengan, dan berbagai menu sate. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 3, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Angkringan ini buka mulai jam 17.00 hingga 02.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini