Share

Siapa Sangka, Taman Kota Instagramable Ini Dulunya Bekas Terminal Bus

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 408 2318152 siapa-sangka-taman-kota-instagramable-ini-dulunya-bekas-terminal-bus-Ng1WBXnMfo.JPG Taman wisata Andhang Pangrenan di Purwokerto (Foto: Instagram/@instapurwokerto)

TAMAN Andhang Pangrenan merupakan sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di sisi selatan Purwokerto, Jawa Tengah. Taman rekreasi ini berdiri di bekas terminal bus lama Purwokerto, yang kini pindah di Terminal Bus Bulupitu.

Berlokasi di Jalan Gerilya Purwokerto Selatan, Karangklesem, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akses jalan menuju lokasi sangat mudah dijangkau. Sebab, berada di jalur utama Kota Purwokerto, tepat di dekat bundaran.

Warga sekitar memanfaatkan taman kota ini sebagai tempat rekreasi. Dua Patung Bawor, yang merupakan maskot Kabupaten Banyumas, akan menyambut pengunjung begitu memasuki area taman. Setelahnya terdapat lorong dengan lampion warna-warni.

Baca juga: Cuma di Bali, Rasakan Sensasi Menyusuri Pantai Sambil Naik Unta

Di sini juga terdapat berbagai macam patung lainnya dan hiasan-hiasan yang bisa dijadikan spot foto instagramable. Selain itu, ada juga taman bermain anak untuk si kecil. Di area tengahnya ada lapangan yang cukup luas, panggung terbuka dan gedung dua lantai yang biasa digunakan untuk kegiatan sosial dan juga disewakan.

Andhang Pangrenan

Pepohonan rindang pun banyak terdapat di area ini, sehingga suasananya adem. Taman Andhang Pangrenan sangat cocok untuk sekadar melepas penat, mencari inspirasi, hingga berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

"Taman di tengah kota yang ramah anak, cocok untuk mengeksplor bakat anak-anak sambil bermain bersama keluarga," ujar Rusdi, salah satu pengunjung beberapa waktu lalu.

Adapun penamaan Andhang Pangrenan sendiri diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti tempat untuk bersenang-senang. Andhang berarti tempat dan Pangrenan artinya hati yang riang atau senang.

Tarif tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.500 untuk anak-anak. Waktu operasionalnya setiap hari, buka mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Disarankan untuk berkunjung di pagi atau malam hari ketika lampu-lampu hias dinyalakan.

Meski tiket masuknya sangat terjangkau, taman ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti tempat parkir, warung, kursi taman, musala dan toilet. Taman ini sudah dibuka kembali sejak bulan September lalu setelah tutup selama enam bulan.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat, setelah membeli tiket pengunjung harus melakukan registrasi KTP dan nomor telepon guna mendata pengunjung yang hadir. Selain itu, pengunjung wajib memakai masker, cuci tangan, dan harus melalui pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini