Selayar Diproyeksikan Jadi Wisata Andalan di Sulawesi Selatan

Antara, Jurnalis · Senin 30 November 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 406 2318550 selayar-diproyeksikan-jadi-wisata-andalan-di-sulawesi-selatan-b1qnDGeV40.JPG Pesona bahari Kepulauan Selayar, Sulsel (Foto: Instagram/@explore_selayar)

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bertekad dan fokus untuk mewujudkan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai daerah wisata andalan di daerah itu.

"Kami terus membangun infrastruktur jalan, pengembangan pertanian jeruk khas Selayar, mendukung perikanan dan kelautan, kebutuhan dasar kepulauan serta sektor pariwisata," kata Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Senin (30/11/2020).

Pada Minggu kemarin hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar ke-415 diperingati secara virtual. Lebih lanjut Wagub mengatakan, pihaknya juga sedang menggodok Kabupaten Kepulauan Selayar upaya agar bisa ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Baca juga: Miris, Kawasan Wisata Pantai Bintan Tercemar Limbah Oli

"Jadi, sinergi terus akan terbangun demi Selayar yang maju dan lebih baik," katanya.

Menurutnya, program KEK di Kepulauan Selayar saat ini sedang dikaji. "Salah satunya yang saya inginkan dapat diwujudkan, Selayar sebagai lokasi wisata andalan Sulsel," ujar Andi.

Pemprov Sulsel, kata dia, terus mendorong terselesaikannya sejumlah masalah yang dihadapi masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya soal listrik di wilayah kepulauan.

Selain itu, pihaknya juga mendorong telekomunikasi dan sistem air minum yang ada di kepulauan.

"Pemerataan keadilan pembangunan harus ditegakkan sesuai sila ke-5 Pancasila. Pelayanan dasar di kepulauan harus terjamin, terutama pendidikan dan kesehatan," tuturnya.

Sementara, Pjs Bupati Kepulauan Selayar, Asriady Sulaiman berujar, mencermati kondisi dan potensi di wilayah tersebut dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, maka Selayar dihadapkan berbagai tantangan sekaligus sebagai peluang untuk dikembangkan.

Menurut dia, berangkat dari dukungan provinsi dan pusat serta ketersediaan potensi sumber daya alam yang mumpuni, maka Pemkab Selayar telah memilih bidang kepariwisataan dan bidang kelautan serta perikanan sebagai lokomotif pengembangan sosial dan ekonomi masyarakat.

Sedangkan untuk jangka menengah dan jangka panjang, diharapkan dapat berkontribusi secara maksimal terhadap pertumbuhan ekonomi, baik pada tingkat provinsi maupun nasional.

KEK Pariwisata Selayar nantinya diproyeksikan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sulsel dan diharapkan mampu memberi kontribusi pertumbuhan ekonomi ke depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini