Bandara Ditutup Akibat Erupsi Gunung Ile Ape, Penerbangan Perdana Kupang-Lewoleba Batal

Salman Mardira, Jurnalis · Senin 30 November 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 406 2318646 bandara-ditutup-akibat-erupsi-gunung-ile-ape-penerbangan-perdana-kupang-lewoleba-batal-66YP0S8cqh.jpeg Gunung Ile Lewotolok di Lewoleba, Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur (Antara/Bernadus)

BANDARA Wonopito, Lewoleba di Pulau Lembata, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur ditutup karena erupsi Gunung Ile Lewotolok atau biasa disebut Gunung Ile Ape.

Akibatnya, penerbangan perdana maskapai Wings Air rute Kupang–Lewoleba yang semula dijadwalkan, Senin (30/11/2020), dibatalkan.

Baca juga: Pendakian Gunung Semeru Ditutup karena Aktivitas Vulkanologi Meningkat

Bandar Wonopito ditutup pada Minggu 29 November 2020 pukul 12.58 hingga 16.00 WITA, dampak dari erupsi Gunung Ile Lewotolok yang mengeluarkan abu vulkanis. Material abu vulkanis dapat merusak pesawat udara, sehingga membahayakan penerbangan.

ilustrasi

Gunung Ile Lewotolok (Istimewa)

“Sehubungan kondisi tersebut, dalam memastikan keselamatan dan keamanan (safety first), rencana layanan penerbangan perdana Wings Air yang dijadwalkan pada 30 November 2020 mengalami pembatalan (cancel flight),” kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis diterima Okezone.

Penerbangan dibatalkan bernomor IW-1994 Kupang–Lewoleba dan nomor IW-1995 Lewoleba–Kupang.

“Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan,” ujar Danang.

Menurutnya, Wings Air telah menginformasi kepada seluruh penumpang yang terganggu perjalanannya dan memperbarui sesuai perkembangan.

“Terkait pembatalan penerbangan tersebut, Wings Air memberikan solusi kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak, antara lain penjadwalan ulang keberangkatan di hari berikutnya (reschedule) dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku.”

Baca juga: Tarik Wisatawan, Petani di Madiun Ubah Sawah Jadi Taman Bunga Cantik

Wings Air, lanjut dia, selalu memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan. Pihaknya terus berkoordinasi dengan otoritas penerbangan.

Danang mengatakan, Wings Air akan terbang kembali kalau otoritas bandara tujuan dinyatakan aman untuk lepas landas serta mendarat (safe for flight).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini