Jalan-Jalan ke Cibinong, Main Aja ke 5 Tempat Ini

Salsabila Jihan, Jurnalis · Senin 30 November 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 408 2318788 jalan-jalan-ke-cibinong-main-aja-ke-5-tempat-ini-USTZub0K88.jpg Stadion Pakansari. (Foto: Instagram @cibinongviral)

WARGA Depok atau warga Bogor pasti senang jalan-jalan ke Cibinong. Sebab kawasan ini memiliki sederet ruang hijau yang asri dan pas untuk melepas penat.

Karena masih merupakan bagian dari Kota Bogor, Cibinong juga masih memiliki pemandangan yang asri dan sejuk. Tak heran orang betah jalan-jalan ke Cibinong.

lalu di mana saja tempat asyik yang bisa dikunjungi saat jalan-jalan ke Cibinong? Yuk simak 5 ulasan berikut ini!

Bertamasya ke Danau Dora

danau

(Foto: Instagram infodepok_id)

Tak jauh dari Kota Depok, terdapat ruang terbuka hijau (RTH) di daerah LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor.

Danau seluas 23 hektare ini berfungsi sebagai taman konservasi alam yang menjadi bagian perluasan dari Kebun Raya Bogor. Danau ini menjadi tujuan tempat wisata murah di Kabupaten Bogor dan juga sering dijadikan sebagai tempat olahraga di pagi atau sore hari. Di sini biasanya akan ramai ketika akhir pekan datang, banyak keluarga yang sengaja datang untuk berekreasi sambil menikmati keindahan taman. Di danaunya juga terdapat banyak ikan dan bunga teratai.

Dinamakan Danau Dora karena pada saat itu tokoh kartun berambut pendek yang selalu membawa ransel berwarna ungu itu sedang booming di kalangan anak-anak. Tokoh Dora merupakan gadis kecil yang sering bertualang dan membantu mencari tahu sesuatu yang dibutuhkan mereka bersama temannya yang bernama Booths dengan menggunakan bantuan Ransel dan Peta.

Berkeliling Stadion Pakansari

Stadion kandang Persikabo Bogor ini terletak di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Stadion ini sangat terkenal karena sering digunakan para warga sekitar untuk berolahraga atau sekadar bersantai di stadion ini. Anda juga bisa berfoto di depan huruf-huruf besar yang bertuliskan Stadion Pakansari

Banyak pedagang kaki lima hingga restoran yang berjajar di sekitar Stadion. Bahkan, biasanya pada malam hari banyak wahana permainan anak-anak yang menghiasi pelataran Stadion. Sayangnya, sejak pandemi ini mewabah, pemerintah membatasi aktifitas di pelataran Stadion pada malam hari.

Selain itu, jika Anda berkunjung pada malam hari, ada pedagang penjual bakso goreng yang menggunakan gerobak yang selalu ramai dipadati pembeli. Letaknya ada di depan minimarket.

 

Menyusuri Jalan Tegar Beriman

Tak ada salahnya bila Anda menyusuri Jalan Tegar Beriman atau lebih dikenal dengan sebutan kawasan Pemda. Di sepanjang jalan ini juga tak luput dari pepohonan hijau.

Selain itu, di pinggir jalan ini banyak restoran yang menjual berbagai macam jenis makanan, dari makanan ringan yang cocok untuk bersantai hingga makanan berat yang pas untuk mengisi kekosongan perut Anda.

Selain itu, di jalan ini juga terdapat Situ Plaza Cibinong. Tepat di sebelah situ terdapat taman bermain dan juga skatepark yang bisa digunakan oleh warga. Namun, situ ini ditutup sementara oleh pemerintah untuk mengurangi tempat keramaian demi menekan angka penyebaran Covid-19.

Berburu situ

Selain Situ Plaza Cibinong, daerah ini juga memiliki banyak situ yang bisa Anda buru. Misalnya Situ Cikaret dan Situ Cibinong. Situ-situ ini sama fungsingnya seperti situ pada umumnya, yaitu sebagai tempat penampungan air.

Situ Cikaret letaknya tidak jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, Cikaret, Cibinong, Kabupaten Bogor. Situ ini sering digunakan untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi warganya melalui wisata dan budi daya perikanan.

Konon nama situ ini diambil dari karakter wilayah tersebut pada masa dahulu, yaitu sebuah perkebunan karet. Tak heran bila nama itu digunakan, sebab hingga sekarang suasana di Situ Cikaret masih teduh, asri, dan nyaman membuat situ ini cukup ramai dikunjungi masyarakat sekitar yang ingin bersantai ataupun berolahraga.

Berikutnya, Situ Cibinong. Situ ini terletak di pinggir jalan raya Mayor Oking. Di seberang situ, terdapat pemakaman Tionghoa yang tampak dari kejauhan. Sayangnya, situ ini belum dikelola dengan baik. Padahal situ ini memiliki pulau di tengahnya yang menjadi daya tariknya.

Berbelanja pakaian di Pasar Anggada

Di Cibinong juga memiliki beragam pasar yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya ada Pasar Anggada.

Sama seperti Pasar Tanahabang di Jakarta, pasar ini banyak menjual berbagai jenis kain, sprei hingga pakaian bermerek dengan harga yang miring. Terletak di Jalan Raya Mayor Oking Nomor 9, di pasar ini sini Anda juga bisa membeli dengan sistem satuan atau grosir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini