Wisata Dusun Semilir Ditutup karena Melanggar Protokol Kesehatan

Angga Rosa AD, Jurnalis · Senin 30 November 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 408 2318944 wisata-dusun-semilir-ditutup-karena-melanggar-protokol-kesehatan-ylq8XZnICF.jpg Dusun Semilir Eco Park, Bawen, Semarang (Youtube)

OBJEK wisata Dusun Semilir di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ditutup sementara karena pengelolanya diduga mengabaikan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Plt Sekda Semarang Valeanto Soekendro mengatakan, penutupan dilakukan untuk mengevaluasi penerapan protokol kesehatan Covid-19. Tindakan ini mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Semarang Nomor 65 Tahun 2020 tentang Penegakan Hukum dan Kedisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19.

Baca juga: Berburu Spot Instagramable di Jakarta, Coba ke Sini Saja

"Selain itu, juga didasarkan pada keluhan masyarakat terkait dampak lalulintas jalan dari operasional objek wisata tersebut," kata Soekendro, Senin (30/11/2020).

"Kami segera koordinasi dengan Dinas Pariwisata," ujarnya.

Sementara Kepala Satpol PP Semarang Tajudin Noor mengatakan, sanksi berupa penghentian sementara kegiatan usaha diberikan setelah pengelola dianggap mengabaikan peringatan keras Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Semarang.

Baca juga: Pendakian Gunung Semeru Ditutup karena Aktivitas Vulkanologi Meningkat

"Pengelola Dusun Semilir beberapa kali sudah diberikan peringatan, baik secara lisan hingga pemberian peringatan secara tertulis yang ditandatangani oleh Pjs Sekda Kabupaten Semarang," katanya.

Menurutnya, pelanggaran yang paling menonjol di Dusun Semilir adalah pengelola tidak mampu mengendalikan kerumunan banyak pengunjung.

Selebihnya lanjutnya, persoalan itu melebar menjadi pemicu kemacetan Jalan Semarang-Solo dan Semarang-Yogyakarta, karena parkir kendaraan meluber sampai ke bahu jalan dan dinilai sangat mengganggu.

"Kami sudah mengingatkan pengelola dan terungkap juga memang tidak ada perubahan. Sehingga perlu kita tegakan Perbup tentang protokol kesehatan tersebut,” ujarnya.

Terpisah, Public Relationship Objek Wisata Dusun Semilir Irene mengatakan, manajemen dalam waktu dekat akan memberikan keterangan pasti kronologi penghentian sementara operasional kegiatan wisata. "Konfirmasi resmi akan disampaikan langsung oleh manajemen," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini