Viral Video 2 Komodo Jantan Bertarung Sengit, Seru Banget!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 406 2319191 viral-video-2-komodo-jantan-bertarung-sengit-seru-banget-TOGfvUaFWc.JPG Komodo bertarung marak di musim kawin (Foto: Freepik)

KOMODO merupakan salah satu daya tarik wisata yang membuat banyak orang rela datang jauh-jauh ke Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hewan yang dikenal dengan nama Varanus Komodoensis ini memang spesies asli Indonesia.

Di Indonesia, komodo dapat dijumpai di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Kedua pulau itu masuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo yang sudah ada sejak tahun 1980.

Bicara soal komodo, belum lama ini beredar sebuah video viral yang menampilkan sisi lain dari komodo.

Video itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @akangillio, lalu dibagikan ulang oleh @mountnesia hingga berhasil menyita perhatian banyak netizen.

Baca juga: Luhut: Komodo Satu-satunya di Dunia, Harus Kita 'Jual'

Bagaimana tidak, dalam video tersebut, tampak jelas dua ekor komodo jantan tengah bertarung sengit dihadapan sejumlah wisatawan. Mereka saling membanting tubuh layaknya pegulat profesional.

Pertarungan berlangsung sangat singkat, sebelum akhirnya salah satu komodo menyerah setelah menerima serangan bertubi-tubi dari lawannya. Pemandangan langka ini rupanya hanya terjadi menjelang musim kawin sepanjang bulan Agustus.

Perkelahian itu juga disebabkan lantaran populasi komodo jantan jauh lebih sedikit dibandingkan komodo betina. Perbandingannya bisa sampai 3:1 lho, Okezoners!

Nah, karena populasi komodo jantan lebih sedikit, biasanya mereka akan bertarung untuk memperebutkan komodo betina.

"Jelang musim kawin itu, banyak komodo jantan yang bertarung. Mereka harus fight dulu baru bisa dapetin komodo betina. Kalau kalah, yah harus ikhlas jomblo lagi sampai tahun depan," kata Xaverius salah seorang rangers di Pulau Rinca kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Xaverius menambahkan, ketika seekor komodo jantan berhasil mengalahkan lawannya, ia akan langsung 'disambut' oleh sang komodo betina. Dan biasanya, komodo betina akan membuat lubang tipuan saat hendak bertelur.

Hal ini dilakukan untuk mengamankan telur-telurnya dari komodo lain. Ukuran lubang tipuan bisa mencapai satu meter vertikal dan satu meter horizontal. Jumlahnya pun terbilang banyak, bisa sampai puluhan lubang!.

"Bulan-bulan September itu merupakan jadwal komodo betina bertelur. Sekali bertelur bisa 15-30 butir tergantung cuacanya. Jadi, bisa dibilang komodo itu hamilnya cuma satu bulan," tandas Xaverius.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini