Liburan ke Madura, Jangan Lupa Santap Rujak Selingkuh

iNews TV, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 301 2320222 liburan-ke-madura-jangan-lupa-santap-rujak-selingkuh-d5nW7SfTPw.jpg Rujak selingkuh (dok Okezone)

MADURA, Jawa Timur tak hanya terkenal dengan ragam budaya, tapi juga kulinernya yang unik dan cita rasa khas. Seperti rujak selingkuh, salah satu kuliner yang harus dicoba wisatawan saat berkunjung ke Sumenep.

Adalah perpaduan antara bumbu rujak dan soto, sehingga menjadi alasan kuliner satu ini disebut rujak selingkuh, yakni perselingkuhan rasa rujak dan rasa soto.

Baca juga: Wisata Kuliner Legendaris di Malioboro, Ini Deretan Warungnya

"Alasana dinamakan rujak selingkuh ini karena dua menu makanan yakni rujak dan soto di jadikan menjadi satu makanan kuliner," kata Yatik, penjual rujak selingkuh, Rabu (2/12/2020).

Dua jenis kuliner khas ini telah dibikin berbeda dalam satu menu. Taburan sayuran, bihun, lontong, daging cingur atau mulut sapi, lalu irisan babat dan kikil.

Kemudian sajian tersebut diberi bumbu dan sambal rujak, lalu disirami kuah soto. Terakhir di atasnya ditaburi bawang goreng dan kripik singkong renyah.

Yatik mengaku, pembeli rujak selingkuh dijualnya bukan hanya dari Sumenep, tapi juga luar daerah.

Baca juga: Deretan Tempat Wisata Kuliner Populer di Puncak, Mana Favoritmu?

Herman Suryansyah, salah seorang pembeli mengaku sangat puas dengan kuliner ini. Menurutnya, rasa rujak selingkuh sangat memanjakan lidah.

"Selain kepuasan untuk memanjakan lidah, rasa penasaran untuk mencicipinya sangat tinggi, karena mendengar namanya sudah unik dan bikin penasaran," kata Herman.

Hanya dengan Rp17 ribu, Anda sudah bisa menikmati lezatnya rujak selingkuh.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini