Erupsi Merapi Diharapkan Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta

Antara, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 406 2320059 erupsi-merapi-diharapkan-tak-pengaruhi-kunjungan-wisatawan-ke-yogyakarta-ixskoYunBF.JPG Kawasan wisata Malioboro di Kota Yogyakarta (Foto: Instagram/@malioboro_insta)

PERHIMPUNAN Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berharap aktivitas vulkanik Gunung Merapi tidak memengaruhi minat wisatawan berkunjung ke Yogyakarta.

"Kami sampaikan bahwa radius bahaya dari aktivitas Gunung Merapi hanya lima kilometer dari puncak sehingga wisatawan tidak perlu takut datang ke Yogyakarta," kata Ketua PHRI DIY, Deddy Pranawa Eryana.

Menurut Deddy, selain di kawasan Merapi, wisatawan masih memiliki banyak pilihan objek wisata lain yang tersebar di Yogyakarta. "Objek wisata masih banyak selain di Merapi," kata dia.

Baca juga: Pemandangan Langka, 3 Candi "Diselamatkan" dari Erupsi Merapi

Ia mengakui aktivitas Gunung Merapi cukup mempengaruhi kunjungan wisata di DIY dilihat dari tingkat okupansi hotel. Hal ini ditambah dengan kasus positif Covid-19 di daerah ini yang masih meningkat.

"Kalau peningkatan kasus semua wilayah juga mengalami. Tinggal kita menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, ketat, dan jujur," tuturnya.

Sebelumnya, rata-rata hotel di DIY sempat mengalami pembatalan pemesanan kamar mencapai 30 persen dari okupansi semula 60 persen.

Meski demikian, saat ini pemesanan kamar mulai meningkat kembali menjadi 45 persen untuk 15 November sampai 2 Desember 2020.

Peningkatan itu dialami hotel di sektor tengah atau pusat Kota Yogyakarta, sektor barat, selatan, dan timur di DIY.

"Paling tinggi okupansi hotel di sektor tengah," kata dia.

Mendekati hari libur akhir tahun, menurut dia, anggota Satgas Covid-19 dari PHRI DIY rutin melaksanakan inspeksi mendadak ke hotel dan restoran untuk memastikan seluruh aturan adaptasi kebiasaan baru terpenuhi sebagai upaya pencegahan Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini