Mengintip Ruang Tersembunyi di Pesawat Tempat Pramugari Beristirahat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 406 2320569 mengintip-ruang-tersembunyi-di-pesawat-tempat-pramugari-beristirahat-RjlslaP4k2.JPG Ruang khusus di pesawat tempat pramugari beristirahat (Foto: Airchive)

PERNAHKAH Anda membayangkan di mana pramugari dan kru kabin beristirahat ketika sedang bertugas dengan rute penerbangan yang panjang? Selidik punya selidik, mereka ternyata memiliki tempat khusus untuk beristirahat lho, Okezoners!

Namun kemungkinan besar Anda tidak dapat melihat tempat tersebut karena mereka beristirahat di sebuah ruangan tersembunyi.

Melansir laman Insider, ruangan tersebut umumnya berada di belakang kokpit pesawat, atau bahkan berada tepat di bawah kursi penumpang.

"Saat penerbangan panjang, mereka (kru kabin) biasanya tidur di bagian atas atau bawah pesawat," ujar Kat Kamalani, seorang pramugari kepada Insider.

Baca juga: Kena PHK, Pramugara Ini Banting Stir Jadi Tukang Pijat

Kabin Pesawat

(Foto: Instagram/@_zachgriff)

Cara memasuki ruangan tersembunyi ini pun beragam. Tergantung dari tipe dan desain pesawat. Biasanya, ada tangga khusus untuk mencapai ruangan tersebut.

Lantas, seperti apa bentuk ruangan itu? Nah, beberapa waktu lalu beredar sebuah video yang menampilkan penampakan kamar tidur pramugari di dalam pesawat.

Ruangan itu dilengkapi kasur dan bantal yang empuk, lampu baca, kaca, selimut, baju tidur, dan tempat penyimpanan pribadi. Sayangnya, ruangan tersebut hanya dapat menampung satu orang saja.

Kamalani menambahkan, ruang istirahat ini juga memiliki lampu dan peralatan darurat, serta jalur khusus untuk membawa kru kabin ke ruang utama pesawat bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Meski ruang istirahat ini tidak terlalu besar, Kamalani mengungkapkan bahwa secara keseluruhan ia sangat nyaman ketika beristirahat di ruangan tersebut.

"Setiap pramugari memiliki kunci untuk membuka ruangan itu. Akan tetapi mereka harus merangkak dan berusaha memasukkan kunci ke lubang yang sangat kecil untuk membukanya," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada penerbangan yang panjang, pramugari biasanya akan istirahat secara bergantian. Namun mereka diminta untuk tetap siaga, sehingga kebanyakan pramugari memilih untuk tetap terjaga sembari memainkan smartphone-nya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini