Kapalo Banda Taram, Danau Irigasi yang Bertransformasi Jadi Wisata Instagenik

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 408 2320418 kapalo-banda-taram-danau-irigasi-yang-bertransformasi-jadi-wisata-instagenik-xM7SsASyX3.JPG Wisata danau Kapalo Banda Taram di Sumbar (Foto: Instagram/@kapalobanda_taram)

DANAU Kapalo Banda Taram di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat kini menjelma menjadi destinasi wisata kekinian. Ya, danau ini sebelumnya tak pernah dilirik wisatawan karena akses menuju lokasi yang jauh.

Tempat ini mulanya adalah danau irigasi yang dibangun untuk mengairi lahan pertanian penduduk sekitar.

Namun, tindakan nyata pemerintah setempat untuk memulai pembangunan irigasi menjadi objek wisata terealisasikan, kini Kapalo Banda menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Intip Geliat Pariwisata di Lakitan Tengah Sumbar, Air Terjun hingga Anggrek Putih

Karena viral di media sosial, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam di sekitar Danau Kapalo Banda yang memang cukup asri dan indah. Terlebih Kapalo Banda dikelilingi oleh perbukitan yang membuat hawanya sangat sejuk.

Destinasi ini juga memiliki beragam wahana bermain menyenangkan. Di antaranya ada rakit bambu untuk mengelilingi danau sesuka hati dan berenang atau bermain di air yang dangkal dan jernih.

"Tenang dan damai pagi ini. Bagi yang ingin berwisata ke Kapalo Banda Taram, jangan lupa pakai masker dan cuci tangan di tempat yang telah disediakan yaa..," tulis akun Instagram @kapalobanda_taram.

Selain itu, hamparan pohon pinus yang tumbuh di kawasan objek wisata ini bisa dijadikan tempat picnic dan bersantai, banyak pula wisatawan yang berswafoto dengan pemandangan pohon pinus yang rindang.

Yang paling unik dari tempat ini adalah, terdapat kutipan-kutipan yang menggelitik dan dijamin bikin senyum-senyum sendiri. Di beberapa pohon terdapat tulisan seperti "Mertua Idaman", "Cantik Tidak Harus Kurus" dan masih banyak kalimat lucu lainnya.

Jika berminat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di Danau Kapalo Banda Taram, Okezoners bisa menyambangi Desa Kanagarian Taram, Kecamatan Harau, Payukumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Objek wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00-17.30 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp20 ribu saja per orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini