Kondang Merak, Pantai dengan Pesona Menggoda di Malang Selatan

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 02:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 408 2320571 kondang-merak-pantai-dengan-pesona-menggoda-di-malang-selatan-amNYYzyJnS.JPG Pantai Kondang Merak di Malang, Jatim (Foto: Instagram/@yoiki_malang)

KAWASAN Malang Selatan, Jawa Timur didominasi oleh deretan pantai yang memiliki pemandangan indah dan memesona. Salah satu pantai di kawasan ini adalah Pantai Kondang Merak yang terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Pantai Kondang Merak merupakan pantai yang memiliki pesona eksotis dengan hamparan pasir putih dan air laut biru nan memikat.

Tak ketinggalan, gugusan terumbu karang dan pepohonan hijau ditambah hembusan angin sepoi-sepoi membuat wisatawan makin betah.

"Pasirnya putih bersih dan pepohonan di pinggir pantai membuat nyaman suasana di situ. Pantainya agak berlumut dan memiliki banyak terumbu karang, spons, dan kerang di sekitar pantainya," tulis akun Instagram @infowisatamlg.

Baca juga: Pantai Lampuuk, Wisata Primadona & Saksi Bisu Tragedi Tsunami Aceh

Pantai Kondang Merak

(Foto: Instagram/@ratuniaaa)

Adapun penamaan Kondang Merak karena pantai ini memiliki kondang, yakni muara yang merupakan pertemuan air tawar dan laut.

Dahulu tempat tersebut dihuni oleh banyak burung merak, lalu pada tahun 1980-an burung merak mulai punah akibat penangkapan liar.

Objek wisata bahari ini memiliki garis pantai yang sangat panjang dan tampak luas, yakni mencapai 800 meter.

Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti menikmati pemandangan pantai dan lautan, bermain pasir, mengejar ombak, hingga melihat matahari terbenam.

Jika ingin menikmati kesegaran air laut, Anda bisa berenang bahkan melakukan snorkeling dan melihat kehidupan biota laut.

Tak perlu khawatir kelaparan saat bermain di pantai, sebab sudah tersedia kedai kuliner yang banyak menyajikan olahan dari laut. Sedangkan sejumlah fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola antara lain toilet, musala, tempat parkir, hingga penyewaan alat snorkeling.

"Tempat rekreasi paling menyenangkan, bagus, asri, dan kuliner yang terjangkau," ujar Zakaria Ali Mustofa, salah seorang pengunjung.

Pantai Kondang Merak dengan garis pantainya yang panjang ini cocok sekali apabila mengajak si kecil, karena ombak di pantai tersebut tidak terlalu besar sebab terpecah dengan keberadaan batuan karang.

Dari Alun-alun Kota Malang berjarak sejauh 61 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh selama 1 jam 45 menit.

Waktu operasionalnya setiap hari selama 24 jam, namun disarankan untuk datang saat menjelang siang hingga sore hari. Sedangkan harga tiket masuk cukup terjangkau, dengan membayar Rp10.000 per orang Anda sudah bisa menikmati panorama Pantai Kondang Merak yang eksotis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini