Libur Akhir Tahun, Begini 5 Tips Traveling Seru walau Musim Hujan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 549 2321251 libur-akhir-tahun-begini-5-tips-traveling-seru-walau-musim-hujan-ibbXNyhgKp.jpg Ilustrasi. (Foto: Asiaplustours)

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, momen liburan akhir tahun selalu bertetapan dengan musim hujan. Hal ini tentu bisa menjadi kendala dan hambatan bila tidak dipersiapkan secara matang.

Pada musim hujan biasanya kegiatan liburan jadi terhambat. Anda tidak mudah mengeksplor sebuah tempat wisata alam, padahal sangat membutuhkan kegiatan tersebut.

Nah, agar momen liburan akhir tahun Anda berjalan lancar dan menyenangkan, berikut Okezone rangkum 5 tips menikmati momen liburan di musim hujan. Berikut ulasan lengkapnya, ditulis Jumat (4/12/2020).

Jaga kondisi tubuh

 traveling

Ini merupakan poin terpenting ketika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan pada musim hujan. Kondisi tubuh yang tidak sehat tentunya akan membuat momen travelling menjadi tidak berkesan dan Anda tidak dapat menikmati berbagai atraksi dan pemandangan indah yang ada di depan mata. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, konsumsilah vitamin dan jaga pola makan sebelum melakukan traveling, agar tubuh terhindari berbagai penyakit musiman seperti flu, demam, dan lain-lain.

Baca Juga: Pulau Banyak Aceh Singkil, Surga Wisata di Barat Indonesia

Siapkan objek wisata alternatif

Mengunjungi pantai, gunung, dan wisata alam lainnya di musim hujan memang bukan pilihan terbaik. Untuk mengakalinya, Anda bisa menyiapkan beberapa tujuan wisata alternatif jika hujan datang secara tiba-tiba. Tidak perlu kecewa, masih banyak objek wisata yang dapat dikunjungi seperti wisata museum, menikmati pertunjukkan seni, mengikuti kelas yoga, atau hanya sekadar menikmati secangkir kopi hangat di kafe saat hujan turun.

Perhatikan waktu

Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa hujan tidak turun seharian. Maka dari itu, perhatikan apakah tempat wisata yang masuk dalam itinerary Anda cenderung diguyur hujan di pagi hari atau sore hari. Dengan demikian, Anda bisa menyusun kembali itinerary secara sempurna.

Bawa pakaian hangat

Musim hujan identik dengan udara dingin. Oleh karenanya, Anda harus menyiapkan pakaian hangat seperti coat, beanie, dan scarf untuk menghangatkan tubuh. Pastikan membawa jas hujan dan payung untuk melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika sedang berada di luar ruangan.

Siapkan obat

Dibandingkan musim panas, traveling di musim hujang memang membutuhkan persiapan yang ekstra. Selain pakaian hangat, jangan lupa untuk membawa obat-obatan untuk menghindari berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu, siapkan asuransi perjalanan sebagai perlindungan penuh jika destinasi yang Anda tuju berada di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini