Aneka Macam Lontong Sayur di Indonesia, Mana Kesukaanmu?

Salsabila Jihan, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 301 2321407 aneka-macam-lontong-sayur-di-indonesia-mana-kesukaanmu-7jqEkAKjSa.jpg Lontong sayur Betawi (Instagram @kualihelena)

LONTONG sayur merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Potongan lontong yang disajikan dengan sayur santan dan terkadang ditambah opor, telur balado, atau lauk lain, sangat digemari masyarakat Tanah Air, bahkan sering dijadikan menu sarapan.

Lontong sayur ternyata banyak macamnya, beda daerah beda juga olahannya. Tentu saja rasanya juga kaya.

Baca juga: Pesona Danau Toba Lebih Cantik Dilihat dari 7 Tempat Ini, Bikin Jatuh Cinta

Melansir berbagai sumber, ini beberapa jenis lontong sayur yang mempunyai berbagai cita rasa khas dan unik di Indonesia.

Lontong Sayur Betawi

Sesuai namanya, lontong sayur ini berasal dari Jakarta. Lontong sayur Betawi biasa juga disebut sebagai ketupat sayur. Makanan ini banyak dijual oleh pedagang kaki lima maupun kios-kios pasar tradisional.

Pada awalnya, lontong sayur merupakan sajian khas pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Lontong sayur adalah hasil dari perpaduan budaya masyarakat Betawi dan masyarakat Tionghoa. Tak heran selain lontong sayur khas Betawi, lontong Cap Go Meh juga seringkali tersaji saat Hari Raya Imlek.

Dalam penyajiannya, sayur yang digunakan untuk makanan ini biasanya berupa sayur labu atau pepaya muda yang diiris-iris, kemudian untuk kuahnya menggunakan santan dengan racikan bumbu rempah sedap khas Betawi. Bisa juga menggunakan sayur godok, yang terbuat dari beberapa macam sayuran seperti kol dan kacang panjang.

Baca juga: Mau Liburan Akhir Tahun ke Yogyakarta? 4 Destinasi Anti-Mainstream Ini Wajib Disambangi

Untuk pelengkapnya bisa ditambah dengan semur jengkol, semur kentang, semur telur atau semur daging. Rasa manis bercampur gurih sangat cocok untuk mengimbangi sayur yang agak pedas ini. Apalagi bila ditambah dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.

Lontong Kupang

Lontong ini bukan berasal dari Kupang, lho, Okezoners. Makanan ini merupakan hidangan tradisional yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Sidoarjo.

Dinamakan lontong kupang karena lontong ini berbahan dasar kupang putih, hewan laut sejenis kerang, yang ukuran besarnya berada di antara butiran beras dan biji kedelai. Setelah Kupang dimasak, ditambahkanlah lontong dan lentho, lalu diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis.

Ilustrasi

Lontong Kupang (Instagram @resep_dapuryummy)

Sebagai tambahannya, biasanya lontong kupang akan dipadukan dengan sate kerang dan ditemani es kelapa muda untuk menetralisir racun dari kupang bila Anda tidak cocok dengan hidangan laut ini.

Lontong Orari

Di Kalimantan ternyata juga ada olahan lontong yang tak kalah populer dari daerah Banjarmasin. Dinamakan "orari" karena ada satu tempat makan yang menjual lontong dan sering dijadikan tempat berkumpulnya para pemuda Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI).

Yang berbeda dari lontong biasanya adalah lontong orari ini mempunyai potongan lontong yang unik. Lontongnya berbentuk segitiga dan dihidangkan dengan sayur dengan kuah merah dan lauk ikan haruan, telur, atau ayam. Meskipun kuahnya berwarna merah, tapi rasanya cenderung manis daripada pedas, khas kuliner masyarakat Banjar. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu makan sehari-hari orang Banjar.

Lontong Balap

Lontong balap berisi lontong yang diiris-iris yang ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho, kemudian diikuti kecambah setengah matang yang banyak, setelah itu disiram dengan kuah. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan beberapa tusuk sate kerang.

Menurut cerita, dahulu lontong balap masih dijual dalam kemaron besar (wadah yang terbuat dari tanah liat yang dibakar), yang berat dan dipikul keliling kota. Para penjual lontong ini saling adu kecepatan, berpacu menghampiri pembeli dalam perjalan menuju ke Pasar Wonokromo. Dari jalan cepat inilah menimbulkan kesan berpacu sesama penjual yang kemudian dikenal dengan nama lontong balap.

Lontong balap adalah makanan tradisional yang merupakan ciri khas kota Surabaya, Jawa Timur. Salah satu warung makan yang terkenal dengan hidangan ini adalah Lontong Balap Pak Gendut.

Lontong Tuyuhan

Disebut lontong tuyuhan karena pembuat dan penjual makanan ini dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur. 

Makanan tradisional tersebut terdiri atas lontong dengan sayur santan yang agak pedas dan kental dengan menonjolkan rasa kemiri, jinten, dan bawang. Lauknya berupa potongan ayam kampung ditemani dengan jeroan dan tempe yang diberi bumbu merah pedas. Yang membedakan lontong tuyuhan dengan lontong opor adalah lontong tuyuhan biasanya menggunakan lontong yang berbentuk segitiga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini