Share

5 Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul, Pesonanya bak Surga

Salsabila Jihan, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 408 2321730 5-pantai-tersembunyi-di-gunung-kidul-pesonanya-bak-surga-hs7IVmdOh1.jpg Pantai Batu Lumbung, Gunung Kidul (Instagram @gunadieko)

GUNUNG Kidul punya banyak sekali objek wisata. Selain keindahan alam, kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga terkenal dengan wisata bahari. Ada lebih dari 60 pantai di daerah pesisir Samudera Hindia ini, tapi hanya sebagian yang populer di telinga wisatawan. Selebihnya masih tersembunyi.

Pantai-pantai yang belum tersohor ini ternyata menyajikan pesona alam luar biasa. 

Baca juga:  5 Destinasi Wisata Populer di Sleman, Candi Prambanan hingga Bukit Klangon

Berikut pantai-pantai tersembunyi di Gunung Kidul :

Pantai Tanjung Kesirat

Pantai Tanjung Kesirat atau lebih dikenal dengan Pantai Kesirat ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki pantai manapun, yaitu pantai ini tidak memiliki hamparan pasir putih. Namun keindahan pasir putih pantai digantikan oleh jajaran tebing tinggi nan mengagumkan.

Di tebing tinggi ini, Anda bisa menikmati keelokan senja tanpa ada yang menghalangi pandangan. Anda juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di atas bukit ini. Pada malam hari Anda bisa melihat gemerlap langit malam yang indah.

 Ilustrasi

Pantai Kesirat (Instagram)

Di tebih tinggi tersebut hanya terdapat satu pohon yang dinamakan Gebangkoro. Pohon tersebut dianggap pohon "abadi" oleh masyarakat sekitar sebagai pengingat untuk melestarikan lingkungan, salah satunya tidak menebang pohon sembarangan.

Pantai ini terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. Jarak yang ditempuh dari Pusat Yogyakarta sekitar 2 jam. Cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan yang tak terlupakan ini.

Pantai Sedahan

Pantai Sedahan memiliki air biru yang jernih dan hamparan pasi putih yang memukau. Yang unik dari pantai ini adalah memiliki dua batu karang besar yang mengapit pantai dan menjorok ke lautan. Batu-batu tersebut ditumbuhi semak belukar hijau.

Baca juga:  Libur Akhir Tahun, Begini 5 Tips Traveling Seru walau Musim Hujan

Selain menikmati pemandangan yang tiada duanya ini, Anda bisa memancing ataupun menginap di dalam tenda yang bisa didirikan di pinggir pantai.

Pantai eksotis ini berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Watu Lumbung

Pantai ini terletak di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, tepat di sebelah barat Pantai Wediombo. Untuk mencapai pantai ini, Anda harus berjalan kaki dan mengerahkan banyak tenaga sebab akses menuju pantai cukup sempit dan menurun.

Pantai ini memiliki keunikannya sendiri, yaitu banyak bebatuan karang yang tersebar di sepanjang garis tepi pantai dan tidak berpasir. Ombaknya pun cukup besar karena berada di daerah pantai selatan. Ada dua batu karang besar yang menjadi ciri khas pantai ini, yaitu Watu Lumbung dengan ukuran paling besar yang mirip dengan bentuk lumbung padi dan Watu Semar.

Ilustrasi

Pantai Watu Lumbung

Walaupun banyak bertaburan batu karang, pantai ini bisa menjadi spot terindah untuk berfoto karena keunikan dan keindahannya. Selain itu, pantai ini juga masih belum banyak diketahui oleh orang luas dan tersembunyi.

Pantai Siung

Keindahan karang dan jernihnya air laut yang biru Pantai Siung dapat memikat hati. Selain itu, terdapat batu-batu karang raksasa yang menjadi area untuk panjat tebing dan sudah dikenal luas oleh para pecinta panjat tebing. 

Walaupun sudah dikenal luas oleh para pecinta panjat tebing, pantai ini masih sepi oleh pengunjung karena letaknya juga sangat terpencil. Pantai Siung berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Sepanjang

Terletak di Desa Kemadang, Tanjung sari, Kabupaten Gunung Kidul membuat Pantai Sepanjang ini memiliki keindahan alam khas pantai Gunungkidul. 

Sesuai namanya, pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pantai ini juga sering disebut Pantai Kutanya Gunung Kidul. Yang membedakannya dengan Pantai Kuta adalah ketika agak surut, Pantai Sepanjang menyajikan pemandangan hamparan batu karang yang menghiasi pertemuan antara pasir dan laut.

Namun perlu diingat, jika ingin bermain air di kawasan pantai selatan jangan jauh-jauh dari tepi pantai karena pantai-pantai di daerah ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan berbahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini