5 Pasar Terapung di Indonesia, Asyik Buat Wisata Akhir Pekan

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Sabtu 05 Desember 2020 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 408 2321912 5-pasar-terapung-di-indonesia-asyik-buat-wisata-akhir-pekan-msgZu2q55q.jpg Pengunjung Floating Market Lembang. (Foto: Instagram)

PASAR terapung menjadi destinasi wisata menarik di berbagai kota di Indonesia. Tak jarang wisatawan memilih berkunjung ke pasar terapung dengan suasana menyenangkan.

Pasar terapung atau floating market adalah tempat melakukan kegiatan jual beli yang dilakukan di atas perairan sungai atau danau menggunakan perahu. Pasar tradisional ini biasanya menjual berbagai kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, eksistensi pedagang yang menjajakan barang dagangannya di pasar terapung semakin berkurang. Meski demikian, saat pergi ke suatu kota yang ada pasar terapung, Anda wajib mampir.

Berikut ini Okezone telah merangkum lima pasar terapung yang ada di Indonesia. Yuk simak ulasannya, ditulis Sabtu (5/12/2020).

Baca Juga: Menikmati Mie Aceh Lobster Sambil Berwisata di Gua Tujuh Laweung Pidie

Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Muara Kuin sangat ikonik dan melegenda di Kota Banjarmasin lantaran pernah menjadi lokasi syuting untuk iklan televisi swasta yang kemudian terkenal hingga sekarang.

Seperti halnya pasar-pasar tradisional lain, di sini menawarkan berbagai keperluan sehari-hari, mulai dari aneka sayuran dan buah, sembako, lauk-pauk, hingga perlengkapan rumah tangga.

Pasar yang sudah ada sejak 400 tahun lalu ini merupakan pelopor sekaligus pasar terapung paling tua di Indonesia. Terletak di atas sungai Barito di Muara Sungai Kuin, Kecamatan Banjarmasin Utara Kalimantan Selatan.

Pasar Siring Piere Tendean

Pasar Terapung Siring Tendean terletak di wilayah Sungai Martapura, tepatnya di Jalan Kapten Piere Tendean, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Para pedagang merapatkan perahu mereka ke tepian sungai, hal ini memudahkan pembeli karena tidak harus menaiki perahu. Adapun barang yang dijual berupa hasil pertanian, sayur mayur dan buah-buahan khas daerah sekitar serta kebutuhan sehari-hari.

 

Pasar Terapung Lok Baintan

Masih di Kalimantan Selatan ada pasar terapung lain yang juga menarik untuk dikunjungi dan sudah melegenda yakni Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura. Lokasinya di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan.

Perahu-perahu kelotok yang hilir mudik melakukan aktivitas perdagangan di atas air menjadi pemandangan yang sangat khas dari tempat ini.

Akses menuju Lok Baintan dari pusat kota dapat ditempuh lewat dua pilihan. Bisa dengan menyusuri sungai Martapura menggunakan perahu klotok selama 30 menit. Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan darat, namun waktu tempuhnya lebih panjang sebab medan perjalanan yang berliku.

Pasar Terapung Langkat

Pasar Terapung Langkat terletak di Desa Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pasar ini memiliki konsep serupa dengan pasar terapung yang ada di Kalimantan. Namun, pasar terapung ini sengaja dibuat oleh pemerintah setempat.

Tak hanya sekedar tempat jual beli, pasar ini juga sebagai salah satu usaha dalam menjaga kestabilan harga ikan kerapu yang menjadi komoditas andalan dari Kabupaten Langkat.

Floating Market Lembang

Bukan hanya di Kalimantan dan Sumatera saja, Pulau Jawa juga punya pasar terapung bernama Floating Market Lembang. Lokasi tepatnya berada di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Floating Market Lembang selalu menarik perhatian wisatawan. Pasalnya, pasar terapung ini merupakan objek wisata yang mengusung tema cukup unik karena memadukan berbagai macam tema wisata yaitu edukasi, bermain, serta kuliner.

Dilansir dari situs resmi Floating Market Lembang, pengunjung menggunakan koin khusus Floating Market untuk bertransaksi di sini. Anda bisa berbelanja hasil produksi lokal di pasar yang mengapung di atas danau. 

Ini merupakan versi upgrade dan kekinian dari pasar terapung tradisional Indonesia, menghadirkan tempat kuliner, camilan lokal, hingga barang seperti pakaian dan aksesori dijajakan oleh pedagang dengan perahu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini