Pariaman Uji Coba Parkir Elektronik di Objek Wisata Januari 2021

Antara, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 406 2322409 pariaman-uji-coba-parkir-elektronik-di-objek-wisata-januari-2021-C8xxZ8ktJk.JPG Mesin parkir elektronik (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) akan menguji coba parkir elektronik yang dipasang di dua lokasi di objek wisata pantai di daerah itu pada awal Januari 2021 mendatang.

"Diperkirakan pembangunan pos parkir elektronik selesai sekitar 20 Desember 2020, dan awal tahun baru akan diuji coba penggunaanya," ucap Kepala Seksi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Bidang Pengelolaan Pendapatan Daerah BPKPD Kota Pariaman, Afdila di Pariaman.

Menurutnya, pembangunan dua pos parkir elektronik tersebut merupakan percontohan sehingga dalam pelaksanaan uji coba akan terus dilakukan evaluasi guna menyempurnakannya.

Baca juga: Enggak Cuma Tempat Parkir Mobil di Malioboro, Buat Pesepeda Juga Ada Loh

Penerapan parkir elektronik tersebut sambung Afdila, merupakan upaya untuk meminimalisir kebocoran pendapatan daerah dari bidang perparkiran di Kota Pariaman terutama di kawasan objek wisata.

Ia menjelaskan, terkait dengan kebocoran pendapatan daerah di bidang perparkiran tersebut pun menjadi sorotan Pemerintah Provinsi Sumbar sehingga Pemkot Pariaman diminta segera mengatasinya.

"Ini merupakan inovasi dari Pemkot Pariaman untuk meningkatkan pendapatan daerah di bidang perparkiran karena selama ini di Pariaman menerapkan sistem parkir manual," tuturnya.

Dengan diterapkannya sistem parkir elektronik kata dia, maka pendapatan dari perpajakan lebih transparan dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan.

Lebih lanjut ia menambahkan, kendati Pemkot Pariaman menerapkan parkir elektronik yang dikelola oleh unit di Dinas Perhubungan setempat namun pihaknya tetap memberdayakan masyarakat setempat.

Sebelumnya Pemkot Pariaman, Sumatra Barat membangun pos pembayaran parkir elektronik guna meminimalisir kebocoran pendapatan daerah di kawasan objek wisata di daerah itu di bidang perparkiran.

Untuk tahap awal pemasangan pos pembayaran parkir elektronik akan dipasang di lapangan parkir waterfront city atau kota tepi air serta dekat Masjid Nurul Bahari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini