Viral Hiu Putih Besar Mati Terdampar di Pantai Australia

Rizka Diputra, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 406 2322534 viral-hiu-putih-besar-mati-terdampar-di-pantai-australia-1oKOFq0yNu.JPG Hiu putih raksasa mati terdampar di bebatuan pantai Australia (Foto: Facebook)

JAGAT maya dihebohkan oleh beredarnya foto seekor hiu putih berukuran besar yang mati terdampar di sekitar pantai wisata Australia. Misteri masih menyelimuti mengapa hiu yang mati berlumuran darah itu bisa 'nyasar' ke sana.

Investigasi pun dilakukan untuk mengetahui bagaimana hiu mati setelah ditemukan di perairan dangkal yang menjadi salah satu spot snorkeling populer di Negeri Kangguru.

Ikan predator itu ditemukan mati di Point Lowly, dekat Whyalla di Australia Selatan pada Selasa lalu. Spekulasi pun bermunculan di media sosial, di mana hiu tersebut diduga diikat oleh nelayan setempat dan dibiarkan berlumuran darah.

Baca juga: Kisah Pramugara Jualan Sayur Usai Dirumahkan hingga Berakhir Bahagia

Di Australia, hiu putih dianggap sebagai spesies yang dilindungi dan siapapun yang menargetkan hewan tersebut akan dikenakan denda hingga 10 ribu dolar Australia.

Hiu putih raksasa

(Foto: Facebook)

Anggota Halaman Perikanan Whyalla langsung memulai penyelidikan mereka sendiri atas kematian hewan itu. Seseorang membagikan sejumlah foto yang menunjukkan hiu di tengah laut, dan foto dua pria sedang mengaitkan sesuatu besar dan berat pada jorannya.

Foto lain menunjukkan dua pria di bebatuan mengangkut hewan itu ke pantai. Sementara administrator halaman Facebook mengutuk siapapun yang mungkin menargetkan spesies tersebut, dalam laporan penangkapan ikan mingguan mereka.

"Mengecewakan melihat hiu putih terdampar di bebatuan di Point Lowly selama seminggu," tulis mereka, menyitir laman Dailymail.

"Spesies yang dilindungi seperti 'white pointers' jika tidak sengaja tertancap harus dilepaskan pada kesempatan paling awal jika tidak, maka (pelakunya) dapat dianggap melakukan pelanggaran (hukum)," timpal pernyataan tersebut.

Departemen Industri Primer dan Kawasan telah memindahkan hiu itu untuk menyelidiki penyebab kematiannya.

"Petugas Perikanan dari Departemen Industri Primer dan Kawasan telah menanggapi laporan tentang hiu putih yang dilindungi mati terdampar di bebatuan dekat Port Lowly pada Selasa sore," kata seorang juru bicara, seperti dilaporkan Adelaide Now.

"Dengan bantuan penduduk setempat, hiu itu ditemukan dan diambil untuk pemeriksaan forensik sebagai bagian dari penyelidikan atas keadaan di sekitar kemungkinan penyebab kematian," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini