Pisang Rai, Camilan Bali Enak dan Bebas Kolesterol

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 301 2323286 pisang-rai-camilan-bali-enak-dan-bebas-kolesterol-UUOVhS1qKL.jpg Pisang Rai. (Foto: Wilda/Okezone)

SELAIN kaya akan destinasi wisata, Bali juga memiliki berbagai macam kulineran yang enak. Terlebih jika Anda penggemar pisang, ini saatnya Anda mengetahui lezatnya pisang rai.

Pisang rai ini lebih sehat untuk dikonsumsi, karena tidak digoreng sehingga tidak mengandung kolesterol. Jadi kuliner ini juga aman disantap bagi Anda yang diet.

Manager Pengelola Taman Wisata Desa Swing, Putu Dewi Satyahati mengatakan, konon katanya, hidangan ini dulu dipopulerkan oleh seseorang bernama Rai. Pisang rai adalah makanan favorit penduduk Desa Swing yang kini banyak digemari wisatawan.

"Pisang Rai sekarang dijual per porsi Rp25 ribu, karena banyak wisatawan yang suka," ucap Putu Dewi ditemui Okezone di sela-sela Famtrip We Love Bali, di Desa Swing, Badung, Bali, baru-baru ini.

Baca Juga: Kue 'Virus Corona' Laris Manis di Palembang, Bisa Jadi Penawar Stres saat Karantina!

Putu Dewi menjelaskan bagaimana cara membuat pisang rai. Camilan ini dibuat dari pisang kepok atau pisang raja yang dicampur dengan tepung kanji. Setelah adonan jadi, pisang pun direbus dalam air mendidih.

"Tepung kanji inilah yang membuat hidangan pisang rai tersebut memiliki tekstur yang kenyal seolah-olah pisang goreng," katanya.

Semakin penasaran, Okezone pun mencicipi kenikmatan pisang rai. Walaupun pisang rebus ternyata teksturnya kenyal, karena pisang rai diberi tambahan tepung kanji. Cita rasa pisangnya manis dan legit khas dari pisang kepok.

Menikmati hidangan pisang rai, menurut Putu Dewi, tak lengkap tanpa adanya teh atau kopi. Terlebih Anda menikmatinya sembari melihat pemandangan hijau yang indah, dijamin ketagihan deh.

"Ya, intinya orang-orang di Desa Swing buat pisang rai ini sebagai camilan khas sebagai teman minum kopi sama teh," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini