Jangan Malas Membersihkan Kamar Hotel saat Staycation, Banyak Gunanya Loh!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 06:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 406 2323412 jangan-malas-membersihkan-kamar-hotel-saat-staycation-banyak-gunanya-loh-Tq2su5D7kE.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

ANGKA penyebaran kasus positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Wisatawan yang hendak menikmati momen liburan akhir tahun pun harus selalu menerapkan protokol kesehatan, terutama saat menginap di kamar hotel.

Saat memasuki kamar hotel atau ruangan tempat Anda menginap, para ahli menyarankan Anda untuk melakukan sterilisasi, guna meminimalisir penularan virus Covid-19. Hal ini perlu dilakukan secara mandiri agar terhindar dari Covid-19.

Agar tak kesulitan, berikut Okezone rangkumkan 6 tips membersihkan atau mensterilisasi kamar hotel saat liburan akhir tahun, seperti dilansir dari Travel + Leisure, Selasa (8/12/2020).

 

Komunikasi dengan pihak hotel

 htl

Sebelum mereservasi kamar, jangan ragu untuk menghubungi pihak hotel dan menanyakan langkah-langkah yang telah mereka lakukan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19. Terutama cara mereka membersihkan ruangan dan properti lainnya.

"Anda bisa mulai bertanya tentang apakah staf dan tamu di hotel mereka ada yang sempat terinfeksi virus corona," tutur Dr. Jack Shevel, founder dan CEO Zappogen, distributor peralatan sanitasi untuk rumah sakit.

Dokter Shevel juga menyarankan agar wisatawan selalu mengecek regulasi terkait sanitasi dan protokol kesehatan yang diterapkan pihak hotel. Contohnya apakah mereka melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap tamu, seberapa sering staf melakukan pengecekan Covid-19, dan kalau bisa pesanlah kamar tanpa menggunakan kunci (keyless room access).

Sanitasi barang bawaan

Bila Anda telah menemukan hotel yang tepat, langkah selanjutnya adalah melakukan sanitasi barang bawaan sebelum memasuki kamar. Terutama bagi Anda yang bepergian menggunakan pesawat.

"Jangan lupa membersihkan koper dengan cairan disinfeksi. Ingat, koper Anda mungkin saja dipegang oleh banyak orang. Jadi bila tidak hati-hati dalam membersihkannya, justru dapat mengundang virus corona," kata Shevel.

Bawa alat makan dan perlengkapan pribadi

Jangan ragu untuk membawa perlengkapan pribadi saat traveling di masa pandemi Covid-19. Beberapa barang yang perlu Anda bawa antara lain, peralatan makan, botol minum, dan peralatan mandi.

"Bawalah gelas atau tumbler minum untuk digunakan di kamar hotel. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan gelas yang tersedia, namun bersihkan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir," tegas Shevel.

"Pastikan pula Anda membawa hand sanitizer dan masker cadangan, meski banyak hotel yang menyediakan khusus untuk para tamu," imbuhnya.

Baca Juga:Ikut-ikutan Pacar, Mantan Pramugari Cantik Ini Nekat Jadi Kurir Narkoba

Buka jendela dan ventilasi

Bukalah jendela atau ventilasi ketika Anda memasuki kamar hotel. Ini penting untuk menghilangkan virus-virus pathogen yang mungkin masih menempel di ruangan. Maka dari itu, selalu pilih kamar hotek yang memiliki jendela atau teras di masa pandemi Covid-19 ini.

Sanitasi ruangan

Dokter Shevel merekomendasikan wisatawan untuk selalu membawa cairan atau tissue disinfektan sendiri. Lalu untuk memulai proses sanitasi ruangan, bisa dimulai dengan membersihkan barang-barang yang sekiranya disentuh oleh tamu sebelumnya. Mulai dari telepon, jam wecker, remote tv atau ac, lampu baca, tombol lampu kamar, gagang pintu, toilet, kepal shower, dan permukaan-permukaan benda lainnya.

"Anda bisa menaruh remote tv di dalam plastik bila tidak ingin menggunakannya. Bawalah sikat gigi dan pembersihnya, sehingga benda tersebut tidak menyentuh permukaan kamar mandi," kata Shevel.

Rutin cuci tangan

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah rutin mencuci tangan. "Ini sangat penting jangan sampai terlewarkan. Cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini