Mencicipi Kuliner Banjarnegara di Sungai, Nikmat Enggak Ada Lawan Bos!

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 301 2323573 mencicipi-kuliner-banjarnegara-di-sungai-nikmat-enggak-ada-lawan-bos-XSBCNi0m3S.jpg Berwisata kuliner di sungai. (Foto: YouTube/Buletin iNews)

BOSAN dengan suasana tempat makan yang biasa saja? Di jalur wisata Dieng, ada rest area yang menawarkan sensasi menikmati sajian kuliner Banjarnegara lezat di atas aliran sungai.

Rest area Tikako terletak di Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara, Jawa Tengah. Pengunjung bisa menikmati beragam kuliner Banjarnegara sekaligus disuguhi keindahan alam yang masih begitu asri.

Pemandangan sungai dan pepohonan hijau akan menyejukkan hati para pengunjung. Tidak hanya untuk dilihat, namun pengunjung juga dapat merasakan sensasi menyantap kuliner tradisional sembari bermain air di tengah aliran sungai.

Uniknya, disediakan meja dan kursi makan tepat berada di aliran sungai, pendopo unik yang Instagramable, dan meja di atas yang menghadap langsung ke sungai.

Baca Juga: Liburan Sisi Asih si Pramugari ke Labuan Bajo, Bisa Lihat Sunrise

Berada di alam terbuka pedesaan membuat udara sekitar kawasan ini sejuk. Diiringi dengan suara gemericik air dan semilir angin makin menambah tenang suasana.

"Tempatnya enak, makanannya juga enak. Dengan pemandangan yang masih alami itu bikin hati kita tenang, enjoy. Ini recommended buat kalian yang suka galau," ujar Pengunjung Wulan Oktaviana, dikutip dari YouTube Buletin iNews, Selasa (8/12/2020).

 

Pengunjung bisa menyusuri sungai sembari menunggu hidangan disajikan. Selain itu, jembatan kayu hingga bebatuan di sungai pun tak ketinggalan menjadi spot foto yang menarik.

Adapun penamaan Tikako berasal dari kependekan Tikungan Kali Komprat, sesuai dengan lokasinya. Menu makanan yang ditawarkan seperti mendoan, pecel, serta berbagai macam kue merupakan produk hasil dari kerajinan PKK Desa Kalilunjar.

Kepala Desa Kalilunjar Slamet Rahardjo mengatakan bahwa rest area Tikako adalah tempat makan sekaligus spot berfoto dan rekreasi masyarakat sekitar.

"Kita menjual voucher Rp10.000, nantinya pengunjung bisa menikmati susur sungai kemudian dapat es teh atau kopi dan bisa ditukarkan dengan mendoan," tutur Slamet Rahardjo.

Jadi, saat berlibur ke dataran tinggi Dieng tak ada salahnya untuk mampir ke tempat ini sekadar menghapus rasa lapar dan menikmati pemandangan segar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini