Bangkitkan Gairah Sport Tourism, Batam Bangun Jalur Khusus bagi Pesepeda

Antara, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 406 2323777 bangkitkan-gairah-sport-tourism-batam-bangun-jalur-khusus-bagi-pesepeda-oWRXvxZSX5.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Batam membangun jalan khusus jalur bagi para pesepeda untuk mengakomodir kebutuhan warga kota yang tengah menggandrungi olahraga bersepeda keliling kota. Hal ini sekaligus membangkitkan gairah sport tourism di wilayah itu selama masa pandemi Covid-19.

"Targetnya enam bulan ke depan sudah selesai. Dan jalan ini akan jadi contoh saat pembangunan jalan lain karena punya jalur sepeda nantinya," kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Saat meninjau lokasi rencana pembangunan jalur pada Senin kemarin, Rudi menjelaskan bahwa jalur sepeda itu akan dibangun di sepanjang jalan dari Bundaran Madani hingga Jembatan Bengkong Sadai.

Baca juga: Perkenalkan Wisata Kebugaran, Korea Selatan Gandeng Luna Maya

"Untuk jalur sepeda, kita bangun sepanjang jalan dengan lebar dua meter," kata dia.

Bersama dengan jalur sepeda, pemerintah juga akan membangun jalan kendaraan bermotor sebanyak lima lajur, trotoar untuk pejalan kaki dan drainase.

Pada ruas jalan utama itu, juga disiapkan ruang terbuka hijau selebar 1,5 meter, pedestrian dua meter di masing-masing jalur, serta median jalan tiga meter.

Ia berharap penataan jalan tersebut dapat dibarengi rencana pembangunan infrastruktur lain demi menambah kenyamanan masyarakat saat berkendara, sekaligus memacu animo masyarakat untuk berwisata ke Kota Batam.

"Yang terpenting estetika Kota Batam makin memesona. Dan bisa menunjang Batam sebagai kota pariwisata," kata Rudi.

Pengerjaan jalur sepeda ini nantinya dikerjakan oleh PT Multi Sindo Internasional selama 180 hari. Proyek ini menggunakan pos APBN 2020 senilai Rp23.590.632.000.

Selain jalan di Bundaran Madani, Pemkot juga mengebut pembangunan Jalan Yos Sudarso, Batuampar, yang rencananya juga dibuat lima lajur di setiap lajurnya.

Pembangunan jalan di kawasan tersebut, kata dia, demi memperlancar akses keluar masuk kendaraan menuju dan dari Pelabuhan Batuampar.

"Untuk saat ini kita tambah satu lajur dulu, tapi sudah sekalian disiapkan untuk dibangun lima lajur," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini