Share

NTT Gelar Festival Tenun Januari Tahun Depan

Antara, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2020 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 406 2323970 ntt-gelar-festival-tenun-januari-tahun-depan-Mr3cI1sn7l.JPG Kain tenun Rote khas NTT (Foto: Instagram/@galeri_eztenun)

PROVINSI Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menjadi tuan rumah festival tenun pada Januari 2021 mendatang. Event ini merupakan upaya melestarikan tenun sebagai warisan budaya NTT.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja mengungkapkan, dalam festival ini juga akan dilakukan pelelangan tenun-tenun sehingga bisa memberikan keuntungan langsung bagi masyarakat atau produsen.

Pihaknya berencana menghadirkan publik figur dari kalangan artis guna mendukung kegiatan pelelangan dimaksud.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Desa Panglipuran, Protokol CHSE Ketat Bikin Wisatawan Enggak Takut Corona

"Kami berharap banyak juga nanti pejabat daerah, ibu-ibu isteri pejabat juga ikut melelang sehingga bussiness matching-nya terjadi," kata Ariawan.

Dijelaskannya, selain festival tenun yang akan digelar pada Januari 2021, pihaknya juga akan menghelat festival tenun Nusantara di NTT.

"Jadi kalau di DKI Jakarta terkenal dengan festival kopi Nusantara, nanti NTT terkenal dengan festival tenun Nusantara," katanya.

Ia menambahkan kegiatan festival seperti ini sebagai bentuk dukungan BI terhadap pengembangan pariwisata yang dijadikan pemerintah daerah sebagai sektor utama penggerak perekonomian.

"Selain itu juga untuk menghidupkan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang memproduksi tenun dengan menciptakan ruang transaksi jual beli melalui festival," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini