BKO Petugas Kebersihan Disiapkan di Malioboro saat Libur Akhir Tahun

Antara, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 10 406 2325152 bko-petugas-kebersihan-disiapkan-di-malioboro-saat-libur-akhir-tahun-BSBJNBVOTH.JPG Kawasan wisata Malioboro di Kota Yogyakarta (Foto: Instagram/@malioboro_insta)

DINAS Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyiapkan back-up petugas kebersihan di kawasan wisata Malioboro pada libur akhir tahun hingga awal tahun baru 2021. Terlebih akan ada pergantian kelembagaan atau instansi yang mengampu kawasan Malioboro.

“Selama ini, kebersihan Malioboro menjadi tanggung jawab UPT Malioboro. Namun, karena akan ada perubahan kelembagaan mulai 2021, kami akan siapkan petugas kebersihan untuk back-up penyapuan dan kebersihan di kawasan wisata tersebut menjelang libur akhir tahun,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto, Kamis (10/12/2020).

Petugas dari DLH Kota Yogyakarta akan diterjunkan pada H-5 sebelum pergantian tahun hingga tiga hari usai tahun baru bahkan tugasnya bisa dilanjutkan sepanjang Januari.

Dukungan petugas kebersihan di Malioboro tersebut, lanjut Sugeng, perlu dilakukan karena kawasan wisata utama di Kota Yogyakarta tersebut diperkirakan tetap ramai dikunjungi wisatawan saat libur akhir tahun sehingga volume sampah yang dihasilkan diperkirakan meningkat.

“Khususnya untuk perayaan pergantian tahun. Petugas akan disiapkan mulai pukul 19.00 WIB dan penyapuan akan dilakukan mulai pukul 02.00 WIB dini hari. Diharapkan, kawasan sudah bersih pada pukul 06.00 WIB,” kata dia.

Kegiatan penyapuan tidak hanya akan dilakukan di sepanjang Jalan Malioboro saja tetapi juga di kawasan sekitarnya yaitu di Titik Nol Kilometer, kawasan Alun-Alun Utara hingga di Kawasan Alun-Alun Selatan.

“Semua harus dipastikan bersih sehingga siap menerima kunjungan wisatawan pada pagi hari,” katanya.

Back-up petugas kebersihan di Malioboro sepanjang Januari dilakukan untuk mengantisipasi apabila lelang kebutuhan tenaga penyapuan dari pihak ketiga belum memeroleh pemenang.

“Biasanya, petugas kebersihan berasal dari pihak ketiga dan ditetapkan melalui lelang. Dan hasil lelang baru bisa mulai bekerja pada awal Februari. Ini yang juga perlu kami antisipasi dengan menyiapkan petugas pendukung,” tuturnya.

Untuk armada pengangkutan sampah, Sugeng menyebut sudah memiliki puluhan dumptruck dan didukung dua unit truk convector pengangkut sampah yang siap mengakomodir pembersihan saat malam libur akhir tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini