Kenapa Pramugari Harus Berpostur Tinggi? Awak Kabin Cantik Ini Ungkap Alasannya!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 406 2325561 kenapa-pramugari-harus-berpostur-tinggi-awak-kabin-cantik-ini-ungkap-alasannya-cPakV5VUbX.JPG Pramugari sedang bertugas mengamankan barang penumpang (Foto: Instagram/@pramugari_indonesia)

PRAMUGARI selalu diidentikkan sebagai profesi berkelas tinggi dan memiliki kehidupan mewah bak sosialita. Alasannya, karena hampir semua pramugari memiliki postur tubuh tinggi, ideal, dan wajah menarik.

Padahal, bila ditilik lebih dalam, tugas yang mereka emban tidak dapat dipandang sebelah mata. Contoh kecilnya bahkan berkaitan erat dengan alasan pramugari harus bertubuh tinggi.

Menurut penjelasan Anggi Nirmala, salah seorang pramugari dari maskapai Lion Air, hal ini karena pramugari harus dapat melayani dan memenuhi kebutuhan penumpang. Termasuk membantu mereka mengangkat barang bawaan ke tempat penyimpanan di kabin pesawat.

Baca juga: Pramugari Cantik Beberkan 4 Alasan Penumpang Dilarang Bawa Ini ke Kabin Pesawat

"Kenapa pramugari rata-rata harus tinggi? Yang pasti tinggi pramugari itu minimal 158 centimeter dan bisa menjangkau dan menutup tempat penyimpanan barang penumpang," ujar Anggi saat menjawab pertanyaan salah seorang netizen di TikTok.

Pertanyaan tersebut rupanya membuat netizen semakin penasaran hingga memunculkan beragam pertanyaan-pertanyaan baru. Seperti pertanyaan tentang apakah pramugari harus bisa bela diri?

Untuk pertanyaan ini, Anggi menjelaskan bahwa pihak maskapai tidak mewajibkan pramugari dan pramugaranya untuk berlatih bela diri.

Namun, kegiatan ini dinilai positif karena secara tidak langsung membuat tubuh aktif bergerak sama seperti olahraga.

"Enggak harus bisa, kalau memang punya talent untuk bela diri ya silakan. Tapi aku dulu waktu SMK pernah ikut bela diri, asyik menurut aku buat olahraga juga kan," ungkap Anggi.

Selanjutnya ada sebuah pertanyaan menggelitik yang berkaitan dengan penampilan pramugara. Seorang netizen menanyakan tentang kebijakan maskapai bila ada pramugara yang memiliki tindik atau tattoo.

"Alangkah baiknya pramugari dan pramugara tidak bertindik dan bertato," jawab salah satu teman Anggi yang berprofesi sebagai pramugara.

Terakhir ada pertanyaan apakah pramugari dan pramugara diwajibkan bisa berenang?

"Waktu saya recruitment memang ada tes lari, sit up, push up, lari sprint, tapi renang belum ada. Mungkin bukan wajib, tapi disarankan lebih baik bisa. Karena seumpanya bila ada keadaan darurat, bisa bantu menyelamatkan penumpang," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini