Promosi Wisata Harus Dibarengi Praktik Prokes Pencegahan Covid-19

Antara, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 406 2325603 promosi-wisata-harus-dibarengi-praktik-prokes-pencegahan-covid-19-H2RjajNvKi.JPG Salah satu desa wisata di Bengkulu (Foto: Instagram/@wonderfulbengkulu)

ANGGOTA Komisi X DPR RI, Dewi Coryati mendorong upaya percepatan pemulihan sektor pariwisata di Provinsi Bengkulu dengan mengajak penyedia jasa pariwisata menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

"Dalam melakukan promosi wisata juga harus memerlihatkan penerapan protokol (pencegahan) Covid-19 dan protokol CHSE, sehingga orang datang ke Bengkulu dengan rasa aman," kata Dewi.

Menurutnya, kebangkitan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19 sangat tergantung dengan bagaimana cara pihak pengelola wisata meyakinkan masyarakat bahwa di objek wisata yang dikelolanya telah menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE.

Baca juga: Berpetualang ke Leuwi Pangaduan, Objek Wisata Viral Diburu Anak TikTok

"Untuk itu, pemahaman dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 CHSE ini sangat penting diketahui oleh pengelola pariwisata baik itu swasta dan pemerintah," imbuh dia.

Oleh karenanya, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) saat ini sedang berupaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dengan memberikan pelatihan penerapan CHSE ke pihak penyedia jasa pariwisata.

"Persiapan harus dilakukan hari ini untuk menyambut akhir Covid-19 sehingga ketika semuanya ini selesai EO (event organizer) sudah siap untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan pariwisata," terangnya.

Ia optimistis jika sektor pariwisata di Indonesia akan segera bangkit dalam beberapa bulan ke depan seiring dengan upaya pemerintah yang akan segera melakukan uji coba vaksin Covid-19.

Menurutnya, bangkitnya sektor pariwisata ini tidak hanya memberi pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 saja, melainkan juga meningkatkan pendapatan daerah baik itu provinsi maupun kabupaten dan kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini