Jelang Festival Bahari Kepri 2021, Kadispar Harap Vaksin Covid-19 Segera Tersedia

Antara, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 406 2325613 jelang-festival-bahari-kepri-2021-kadispar-harap-vaksin-covid-19-segera-tersedia-noodnN9NGb.JPG Lomba kapal pancong dalam Festival Bahari Kepri 2018 (Foto: Okezone.com/Abu Sahma Pane)

DINAS Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau mengupayakan event andalan Festival Bahari Kepri (FBK) tetap digelar pada September 2021 sekalipun masih di tengah pandemi Covid-19.

Namun demikian, Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar berharap vaksin Covid-19 sudah ada sebelum Juni 2021, sehingga tidak ada keraguan untuk melaksanakan kegiatan tahunan tersebut.

"Karena pelaksanaan event saat pandemi tidak bisa mengumpulkan orang ramai. Maka itu, kita sangat berharap vaksin Covid-19 itu segera tersedia," kata Buralimar di Batam, Kamis.

Kendati nanti belum ada vaksin, kata Buralimar, ajang FBK tetap digelar namun dengan protokol kesehatan yang ketat. Misalnya acara pembukaan dan penutupan tidak perlu dihadiri orang ramai.

Baca juga: Bangkitkan Tradisi Lomba Kapal Pancong Melalui Festival Bahari Kepri 2018

Salah satu rangkaian kegiatan dalam FBK ialah Festival Sungai Carang (FSC), di mana akan ada ratusan kapal sampan tradisional hingga kapal pesiar modern yang dihias sedemikian rupa, lalu melintasi sepanjang Sungai Carang sebagai sumber kehidupan dan peradaban Kepri di masa lampau.

"Penonton dan peserta akan kami batasi sesuai protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19," ungkap Buralimar.

Buralimar mengaku bakal menawarkan ajang FBK kepada peserta luar negeri, dengan harapan mereka dapat ikut berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini seperti tahun-tahun sebelumnya.

Apalagi, lanjutnya, kegiatan FSC biasanya menyatu dengan Sail Karimata Festival yang diselenggarakan bersamaan dengan Karimata Yacht Rally dengan melibatkan peserta dari Australia, Malaysia, Singapura, dan negara lainnya.

"Kami berharap awal Februari 2021, pintu masuk wisman ke Kepri sudah dibuka. Khususnya Singapura," tuturnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini