Oman Terapkan Bebas Visa bagi 103 Negara, Indonesia Termasuk?

Salsabila Jihan, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 406 2325628 oman-terapkan-bebas-visa-bagi-103-negara-indonesia-termasuk-Ld9vQSDZNN.JPG Pantai Al Maghseel, salah satu destinasi wisata favorit di Oman (Foto: Reuters)

OMAN memberlakukan bebas visa terhadap wisatawan dari 103 negara. Langkah ini diambil demi menghidupkan kembali pariwisata sekaligus menopang ekonomi negara itu yang sempat terpuruk imbas pandemi virus corona atau Covid-19.

Warga asal 103 negara itu nantinya bisa memasuki Oman tanpa menggunakan visa, untuk masa tinggal selama 10 hari. Meski begitu, layanan bebas visa ini berlaku dengan sejumlah persyaratan.

Negara-negara tersebut terdiri dari 41 negara Eropa, 10 Amerika Selatan, 7 negara Timur Tengah dan 45 negara lainnya, termasuk Indonesia.

Baca juga: Event MotoGP Mandalika Jadi Unggulan Kalender Pariwisata NTB 2021

"Wisatawan harus memiliki reservasi hotel yang telah dikonfirmasi, asuransi kesehatan dan tiket untuk pulang. Warga negara dari 103 negara dibebaskan dari visa masuk ke Kesultanan (Oman) untuk jangka waktu 10 hari," ungkap Kepolisian Kerajaan Oman melalui akun Twitter-nya, menyitir laman Arab News.

Otoritas Oman juga akan melanjutkan pemberian visa untuk wisatawan yang perjalanannya telah diatur oleh hotel dan perusahaan travel, setelah layanan mereka ditangguhkan akibat pandemi Covid-19.

Negeri kaya minyak itu juga telah kembali membuka penerbangan internasional pada 1 Oktober lalu, namun hanya untuk warga negara dan orang-orang yang memegang izin tinggal dan visa kerja yang masih berlaku.

Oman, yang mendapat peringkat sub-investasi dari seluruh lembaga pemeringkat kredit utama, menghadapi defisit dan utang jatuh tempo yang besar dalam beberapa tahun mendatang.

Negara Teluk itu juga belum lama ini memulai rencana baru untuk melepas ketergantungannya pada pendapatan minyak.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini