5 Oleh-Oleh Khas Garut, Ada Dodol hingga Opak yang Gurih

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 406 2326011 5-oleh-oleh-khas-garut-ada-dodol-hingga-opak-yang-gurih-Vv26GC7n40.jpg Burayot khas Garut. (Foto: Instagram)

AKHIR pekan ini berencana jalan-jalan ke Garut? Selain mendatangi sederet wisata alam atau berburu kulinernya, pulangnya juga jangan lupa berburu oleh-oleh khas ya!

Sebelum pulang, Anda tak perlu bingung mencari oleh-oleh khas Garut yang menarik. Apalagi kalau mencari oleh-oleh makanan untuk dibawa pulang.

Ditulis Okezone, Jumat (11/12/2020) berikut adalah lima pilihan oleh-oleh khas Garut yang bisa Anda bawa pulang. Yuk simak deh!

Baca Juga: Asyiknya Kulineran Sambil Main Air di Kota Seribu Umbul

Dodol

 dodol

Sesuai dengan namanya Garut dikenal dengan julukan Kota Dodol. Julukan tersebut terpampang jelas pada tugu Kota Garut yang berada di daerah Tarogong. Saat ini dodol bukan hanya menjadi makanan khas, namun telah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi makanan kekinian, dengan campuran topping di dalamnya.

Burayot

Burayot adalah kue khas Garut yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah serta kacang tanah. Dalam proses pembuatan burayot menggunakan minyak kelapa. Meski terlihat sederhana tapi rasa burayot sangat sensitif. Apabila kualitas bahan bakunya berbeda sedikit saja, maka akan memengaruhi rasanya.

Emplod

Berbahan dasar singkong, camilan emplod juga sering dibeli sebagai oleholeh. Emplod singkatan dari Endog Lewo, yang dibuat dari singkong, dicampur tepung dan bumbu gurih. Kriuknya, nikmat deh!

Baca Juga: 5 Kuliner di Yogyakarta Porsi Jumbo dan Murah Meriah

Dorokdok

 garut

Garut juga akan terkenal karena kerajinan kulitnya. Selain mahir dalam dalam mengolah kulit sapi untuk tekstil, ada pula makanan khas Garut yang terbuat dari sapi. Salah satunya adalah Dorokdok. Dorokdok adalah kerupuk kulit sapi khas Garut dengan tekstur renyah dan gurih.

Opak

Tanah Sunda tak jauh-jauh dari camilan opak. Di Garut juga ada opak spesial yang kerap diburu wisatawan. Opak Garut memiliki cita rasa gurih dan bikin nagih. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh khas dengan harga terjangkau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini