Jelang Libur Akhir Tahun, Menparekraf Wishnutama Pantau Protokol CHSE di Bali

Mohamad Chusna, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 406 2326091 sambut-puncak-libur-akhir-tahun-wishnutama-pantau-protokol-chse-di-bali-zKrVJerebe.jpg Ilustrasi. (Foto: Kemenparekraf)

PUNCAK libur akhir tahun tak lama lagi tiba. Guna memastikan kesiapan destinasi wisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusbandio berkunjung ke Bali, Jumat (11/12/2020).

"Sebentar lagi ada liburan. Saya ingin memastikan pelaksanaan protokol CHSE," kata Wishnutama ketika mengunjungi Restoran Bebek Timbungan di Kuta, Badung, Bali.

Baca Juga: UN WTO Puji Pelaksanaan Protokol CHSE di Bali, Liburan Jadi Makin Aman

wishnutama

Menurutnya, kesehatan menjadi syarat utama industri pariwisata untuk bisa bangkit. Karena itu, pelaku pariwisata mulai hotel, restoran, atraksi wisata harus bisa meningkatkan terus penerapan protokol CHSE.

Bahkan Organisasi pariwisata dunia (UN WTO) mengapresiasi industri pariwisata di Bali dalam nelaksanakan protokol CHSE (Clean, Health, Safety and Environment Sustainability).

Dia memprediksi akan banyak wisatawan yang berlibur ke banyak destinasi pada akhir tahun nanti, meski pemerintah sudah memangkas hari libur. Libur akhir tahun nanti akan menjadi uji coba bagi rencana membuka pintu untuk wisatawan mancanegara.

"Kita akan pantau. Apakah pelaksanannya baik, tidak terjadi peningkatan kasus," urainya.

Baca Juga: Diinisiasi Wamen Angela Tanoesoedibjo, Sertifikasi CHSE Ampuh Tingkatkan Kepercayaan Wisatawan

Diinisiasi Wamen Angela Tanoesoedibjo, Sertifikasi CHSE Ampuh Tingkatkan Kepercayaan Wisatawan Diinisiasi Wamen Angela Tanoesoedibjo, Sertifikasi CHSE Ampuh Tingkatkan Kepercayaan Wisatawan

Senior Operasional Manajer Bebek Timbungan Group Dicky Prasetyo mengatakan, restoran yang dikelolanya telah mengantongi sertifikat CHSE kategori I Do Care dengan poin 98/100.

Sertifikat itu diterapkan mulai dengan penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di pintu masuk, alat pengecek suhu tubuh, sekat atau tirai pembatas di etalase, pengaturan tempat duduk untuk social distancing dan lainnya. "Pak menteri berpesan ini harus dijaga dan kalau bisa ditingkatkan," ujar Dicky.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini