Ungkap Kehidupan Aslinya, Pramugari Cantik Anggi Nirmala: Pacar Gak Betah Ditinggal Mulu!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 406 2326133 ungkap-kehidupan-aslinya-pramugari-cantik-anggi-nirmala-pacar-gak-betah-ditinggal-mulu-GT536GGF2u.jpg Pramugari cantik Lion Air. (Foto: Instagram angginirboromaku)

PRAMUGARI menjadi salah satu profesi yang banyak diimpikan para perempuan. Pekerjaan ini dianggap bergengsi karena membutuhkan skill khusus, dan sering bepergian keluar kota maupun luar negeri.

Namun di balik itu semua, kehidupan pramugari nyatanya tidak selalu terlihat manis dan menyenangkan. Mereka juga mengemban tugas berat yang tidak banyak orang ketahui.

Hal tersebut sempat diungkapkan oleh seorang pramugari cantik dari maskapai Lion Air, Anggi Nirmala. Melakui akun TikTok pribadinya, Anggi membocorkan beberapa fakta menarik seputar kehidupan pramugari. Berikut Okezone rangkumkan ulasannya, Sabtu (12/12/2020).

Isi koper pramugari

 koper

Anda pasti sering melihat pramugari membawa koper saat berada di bandara. Hal ini kemudian menimbulkan rasa penasaran di kalangan netizen, perihal isi dari koper pramugari. Namun menurut penjelasan Anggi, isi koper pramugari sebetulnya sama dengan penumpang pesawat pada umumnya.

Baca Juga: Kenapa Pramugari Harus Berpostur Tinggi? Awak Kabin Cantik Ini Ungkap Alasannya!

"Sebenarnya sama aja kayak orang lagi traveling, ada perlengakapn mandi, bawa speaker, catokan, tas buat jalan, baju buat jalan, seragam lengkap, sepatu olahraga, jalan, sandal, perlengkapan, kacamata, hingga obat-obatan. Kalau aku sendiri juga sering membawa makanan kucing," jelas Anggi.

Evaluasi

Setiap tahun, pramugari maupun pramugara diwajibkan untuk 'sekolah' lagi atau mengikuti training. Kegiatan ini nantinya akan dipandu langsung oleh seorang instruktur khusus yang akan membimbing mereka agar lebih mahir dalam melayani penumpang dan menjalankan tugasnya.

"Setiap tahun sekolah lagi/training, terus ada instruktur yang akan membinbing. Setelah itu ada final check. Instruktur akan mengecek atau mereview lagi pramugari dan pramugara. Contohnya apakah mereka bisa menghandle penumpang dalam keadaan normal dan abnormal," kata Anggi.

Kontrak

Dalam industri penerbangan ternyata tidak ada istilah pegawai tetap. Sebagian besar pramugari mendapatkan kontrak selama 4 tahun. Namun setiap perusahan penerbangan memiliki registrasi yang berbeda.

Baca Juga: Pramugari Cantik Beberkan 4 Alasan Penumpang Dilarang Bawa Ini ke Kabin Pesawat

"Di tempatku kontraknya 4 tahun. Kalau kontrak habis, dilihat lagi track recordnya apakah akan diperpanjang lagi 2 tahun atau 4 tahun. Tapi itu kembali lagi kebijakan HRD atau management perusahaan," ujar Anggi Nirmala.

Jumlah penerbangan

 anggi

Anda mungkin penasaran, kira-kira seorang pramugari bisa terbang berapa kali dalam kurun waktu sehari? Dalam dunia penerbangan hal ini sering disebut dengan istilah RON (Remain Over Night).

"Kalau ditanya sehari berapa flight? Maksimal lima landing. Bahasa penerbangannya RON. Jadi satu RON itu contohnya terbang dari Jakarta-Surabaya dan menginap di Surabaya. Kalau Jakarta-Surabaya-Lombok itu hitungannya dua RON. Tapi batas maksimalnya lima kali landing," kata Anggi.

Lama tugas

Jadwal penerbangan atau RON ini juga memengaruhi durasi atau lama tugas seorang pramugari. Jadi bila seorang pramugari mendapatkan jadwal RON yang panjang, maka dia bisa berhari-hari baru pulang ke home base.

"Lama tugas itu tergantung schedule. Kadang 2 hari baru pulang ke home base, kadang 3 hari, kadang 4 hari. Bahkan maksimal 6 hari. Makanya pacar mbanya enggak betah, ditinggal mulu. Puas kalian?," canda Anggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini