Hendak Camping Pertama Kali? Jangan Lupa Persiapkan 6 Hal Penting Ini

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 549 2325647 hendak-camping-pertama-kali-jangan-lupa-persiapkan-6-hal-penting-ini-yKka6xE5hh.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@campingrm)

KEGIATAN camping atau berkemah menjadi salah satu kegiatan favorit dalam mengisi waktu libur. Terlebih saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Camping bersama keluarga dan teman akan sangat asyik dan menyenangkan.

Selain menikmati hidup di alam terbuka, camping juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental karena akan melatih fisik dan keberanian. Maka dari itu perlu mempersiapkan beberapa kebutuhan.

Jika pernah atau sering camping, mungkin sudah paham mengenai hal-hal yang perlu disiapkan. Namun, bagi yang pertama kali camping, ada beberapa persiapan penting yang harus diperhatikan. Melansir dari instagram @backpacker_indonesia, berikut ulasannya:

1. Memilih lokasi camping

Buat newbie alias pendatang baru, memilih lokasi berkemah adalah hal yang paling penting. Sebaiknya pilihlah lokasi yang dapat terjangkau dan memiliki akses jalan yang mudah untuk dilewati kendaraan.

Memang ada banyak tempat camping seperti hutan, gunung, hingga pantai atau pulau. Namun, rasanya masih terlalu ekstrem bagi yang pertama kali coba.

Baca juga: Berkunjung ke Wisata Alam Sevillage, Cocok Buat Camping Keluarga Milenial

Rekomendasi terbaik adalah kawasan camping ground karena area tersebut memang sudah didesain untuk aktivitas berkemah. Jika terjadi sesuatu pun tak perlu khawatir, sebab biasanya ada petugas yang berjaga dan pastinya akan dikunjungi oleh orang selain kita.

2. Siapkan perlengkapan camping

Perlengkapan yang harus disiapkan memang cukup banyak. Tentu saja ada tenda, matras untuk alas tidur di dalam tenda, selimut dan baju hangat bila camping di kawasan berhawa dingin, perbekalan logistik, korek api, bahan makanan, alat masak, dan senter atau alat penerangan yang lain.

Meski ada banyak, Anda harus mengusahakan agar semua barang itu bisa dibawa sekaligus dan tidak berceceran. Oleh karenanya, penataan barang bawaan juga membutuhkan beberapa teknik. Anda tak harus membeli seluruh peralatan camping karena kini peralatan tersebut bisa disewa.

Baca juga: 6 Tips Aman dan Nyaman Berkemah Selama Pandemi Covid-19

3. Tahu cara memasang tenda

Kalau memutuskan membeli tenda untuk camping pertamamu, maka pastikan mencari tahu informasi bagaimana cara mendirikan tenda yang benar. Pasalnya, setiap tipe tenda pasti berbeda untuk cara pemasangannya.

Jika tidak bisa mendirikan tenda maka saat hujan Anda tidak bisa bermalam dan berakhir acara camping jadi berantakan. Di sinilah pentingnya memilih lokasi yang punya petugas dan ramai orang lain agar bisa meminta bantuan ke mereka sebab lebih berpengalaman.

4. Cari tempat yang tepat mendirikan tenda

Pemilihan spot yang strategis dalam mendirikan tenda juga penting Anda perhatikan. Meskipun berkemah di kawasan camping ground, yang memang sudah didesain untuk area berkemah, namun terdapat beberapa tips yang harus dicermati.

Seperti memilih lokasi di dekat pohon untuk menghindari sengatan matahari, dirikan tenda di sekitar tenda lain, jangan menutupi jalan, hindari mendirikan tenda di bawah pohon besar saat angin bertiup kencang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Pastikan cuaca bersahabat

Agar kegiatan berkemah aman dari hujan lebat, terutama di musim hujan seperti sekarang, sebaiknya cek kembali prakiraan cuaca. Meski waktu yang aman untuk berkemah yakni pada musim kemarau, tapi bukan berarti enggak bisa camping saat musim hujan loh.

Namun, perlu tekad dan kewaspadaan yang ekstra jika berkemah di musim hujan. Sebab akan ada lebih banyak rintangan seperti risiko hujan lebat, tanah yang becek, angin kencang, udara dingin, hingga genangan air.

6. Tips tambahan untuk camping

Pertama, sebaiknya tidak menyalakan api unggun di lokasi kemah karena asap dari api unggun akan menyebabkan polusi udara. Karena berkemah di camping ground hal itu bisa mengganggu pengunjung lain dan biasanya tidak diperbolehkan oleh pengurus setempat.

Kedua, jangan lupa membawa senter atau alat penerangan lain karena lokasi camping cenderung sangat gelap. Pencahayaan akan sangat minim, sebab meski berada di camping ground sekalipun itu tetap alam terbuka dan hanya mengandalkan pencahayaan yang minim.

Ketiga, bawa perbekalan air yang cukup supaya enggak perlu repot bolak-balik beli air minum kemasan karena selain akan menimbulkan sampah harganya pun bisa lebih mahal. Terakhir, usahakan bangun pagi untuk menikmati udara sejuk di alam terbuka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini