5 Objek Wisata Menarik di Pulau Samosir, Pas Buat Liburan Akhir Tahun

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 408 2326774 5-objek-wisata-menarik-di-pulau-samosir-pas-buat-liburan-akhir-tahun-rkiuSKon7E.jpg Pulau Samosir, Sumatera Utara (Foto 1001wisata)

PULAU Samosir begitu menawan di tengah Danau Toba, Sumatera Utara. Pulau ini menyimpan banyak objek wisata yang elok. Bukan hanya keindahan alam, tapi juga ada wisata budaya yang bisa dinikmati turis.

Tentu saja, di samping mengunjungi spot-spot menarik di Pulau Samosir, wisatawan juga bisa menikmati panorama Danau Toba yang eksotis. Ini sangat cocok buat pilihan destinasi liburan akhir tahun.

Baca juga:  5 Destinasi Wisata Paling Romantis di Lombok

Berikut lima tempat wisata di Pulau Samosir :

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung adalah objek wisata alam yang terletak di Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kawasan ini memiliki panorama padang sabana yang banyak orang sebut sebagai bukit teletubies.

Seperti halnya bukit yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan, bukit holbung pun sama indahnya, namun karena suguhan danau toba yang membentang luas menjadikanya berbeda dari bukit-bukit lain.

 Ilustrasi

Bukit Holbung (Okezone.com/Ersa)

Altifitas yang dapat dilakukan selain berfoto ria di atas bukit adalah berkemah dan menunggu waktu sunset atau sunrise yang elok, sebab view sunset disini terbilang yang paling indah.

2. Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat adalah objek wisata pemandian air hangat yang berada di Lereng Gunung Pusuk Buhit, Desa Rianiate Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Baca juga:  Perjalanan ke Gili Air, Lombok Bakal Makin Seru jika Melalui Bali

Di bawah kaki bukit, penduduk lokal membuat kolam-kolam untuk berendam yang airnya bersumber dari pegunungan, air dari pegunungan tersebut sangat panas, sehingga warga setempat menambahkan air tawar biasa agar panasnya lebih mereda dan aman untuk di gunakan.

Selain berendam, pengunjung pun akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang elok berupa pegunungam hijau dan batuan kapur yang indah dan cocok untuk dijadikan spot untuk berfoto.

 

3. Batu kursi Raja Siallagan

Batu kursi raja adalah sebuah destinasi wisata budaya yang dapat memberikan banyak ilmu juga informasi terkain raja-raja di Pulau Samosir. Salah satunya adalah Batu Kursi Pengadilan Raja Siallagan.

Sebagai peninggalan sejarah, batu kursi raja banyak menarik minat wisatawan untuk mengulik kisah lampau dari asal-usulnya.

Baca juga:  Pesona Taman Nasional Lorentz Papua, Salju Abadi hingga Habitat Aneka Burung

Melansir dari channel youtube Si Mimen," Batu kursi berada di tengah perkampungan yang difungsikan untuk mengadili para pelaku kejahatan, jika pelaku kejahatan tergolong rendah mereka hanya akan di pasung, namun jika berat mereka akan di eksekusi dengan hukuman pancung.

Lokasinya berada di Huta Siallagan Siallagan-Pindaraya, Ambarita,Simanindo,Samosir,Sumatra Utara.

4. Aek Sipitu Dai

 

Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pulau Samosir adalah Aek Sipitu Dai yang merupakan pemandian dengan tujuh pancuran dan konon memiliki rasa yang berbeda setiap pancuranya, ada yang manis, asam hingga mirip soda.

Selain keunikan akan rasanya, Aek Sipitu Dai dipercaya memiliki segudang manfaat, mulai dari menyembuhkan penyakit hingga enteng jodoh bagi siapapun yang meminumnya.

Melansir dari channel youtube Masden Samosir Vlog," pancuran aek memiliki arti yang berbeda, pancuran pertama kepada anak-anak, kedua kepada Namarhasean, ketiga kepada kaum ibu hamil, keempat kepada Sibaso Bolon, kelima kepada Pangulu Raja, keenam kepada Raja Doli dan yang terakhir kepada Hela atau Parumaen."

Mata air disini pun menjadi sumber air bagi kebutuban sehari-hari para masyarakat setempat, terutama saat musim kemarau tiba, banyak penduduk yang memanfaatkan air ini.

Lokasinya berada di Desa Limbong Mulana, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara.

 Ilustrasi

Danau Toba (Kemenparekraf)

5. Desa Lumban Suhi-suhi

Jika ingin mengenal lebih jauh tentang kain tenun Ulos khas kebudayaan batak, Desa Lumban Suhi Suhi yang terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara bisa dikunjungi.

Disini, masih banyak para wanita yang membuat kain Ulos dengan cara yang tradisional yaitu di tenun. Selain bisa belajar, pengunjung juga dapat membeli kain Ulos sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan khas budaya Batak.

Kain tenun disini sudah diakui memiliki kualitas yang baik, bahan pewarnaan pun masih menggunakan pewarna alami dari tumbuhan, maka tak salah jika Kain Ulos terkenal hingga mancanega.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini