4 Kuliner Lezat Khas Lampung, Mana Kesukaanmu?

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 301 2327171 4-kuliner-lezat-khas-lampung-mana-kesukaanmu-7yJF4EnAmd.jpg Gulai taboh khas Lampung (Instagram @novika_fr)

LAMPUNG bukan hanya terkenal dengan Taman Nasional Way Kambas. Provinsi ini juga punya aneka ragam kuliner khas yang unik dan lezat. Umumnya makanan khas Lampung bercita rasa pedas dan gurih, cocok untuk lidah nusantara.

Makanan-makanan tradisional ini sering disuguhkan saat acara-acara adat atau ngumpul bareng keluarga. Di luar itu, juga bisa ditemui saat Anda jalan-jalan ke Lampung.

Baca juga:  Wisata Kuliner Lezat di Kota Batu, Ini 5 Pilihan Tempatnya 

Apa saja sih kuliner khas Lampung? Berikut ulasannya :

1. Tempoyak

Tempoyak merupakan olahan daging durian yang difermentasi dengan melibatkan asam laktat selama 3-5 hari di dalam lemari pendingin agar rasanya menjadi asam.

"Daging durian di pisah dari bijinya terus di fermentasi selam 3-5 hari dalam kulkas biar rasanya asem, semakin lama semakin enak rasanya," kata , warga Lampung.

 ilustrasi

Tempoyak (Instagram @hanhanny)

Tempoyak biasanya dijadikan sambal untuk nantinya diolah bersama makanan lain, durian yang di fermentasi tadi diberi bawang, cabai halus, gula lalu di oseng di wajan yang sudah di taburi sedikit minyak.

Baca juga:  Berkunjung ke Restoran Antik di Jakarta, Ada Wayang hingga Sepeda Onthel

Rasa dari tempoyak adalah manis, gurih, pedas dam asam yang bersatu menjadi cita rasa yang khas dan lezat. Tempoyak selalu ada di setiap acara besar, seperti acara adat, kumpul keluarga dan acara lain.

2. Umbu Lampung

Umbu adalah hidangan yang berbahan dasar rotan muda yang direbus hingga lunak. Umbu ini bisa dimasak dengan cara dioseng, dimasak dengan bumbu santan ataupun dijadikan lalaban.

 

Rasa dari umbu memang aga pahit layaknya memakan pare, namun inilah keunikanya. Dahulu banyak orang Lampung yang menyukainya, namun karena kini umbu sulit di dapat maka hidangan ini hanya ada saat acara-acara tertentu seperti acara adat dan acara lainya.

3. Gulai Taboh Lampung

Makanan khas Lampung satu ini banyak yang menyebutnya mirip sayur lodeh, memang benar sekilas terlihat sama namun Taboh berbahan dasar ikan yang diolah dengan kuah santan.

Ikan yang digunakan untuk membuat gulai ini bermacam-macam sesuai selera, mulai dari ikan mas, mujaer, tuna, tongkol dan lainya. Selain ikan, gulai tersebut juga diisi dengan kacang-kacangan, umbi-umbian dan rebung.

Rasa dari gulai ini gurih, pedas dan sedap disantap tentunya, hidangan ini bisa dijumpai di berbagai acara adat ataupun kumpul keluarga. Namun jika ingin mencicipinya, banyak restoran dan kedai makanan di Lampung yang menjual hidangan ini.

4. Seruit

Seruit adalah hidangan ikan goreng atau bakar yang biasa disajikan bersama sambal tempoyak dan lalaban sebagai pendampingnya.

 ilustrasi

Mungkin orang awan menyebut seruit terdengan asing, namun jika di Lampung hidangan ini menjadi sajian favorit. Selain sambal tempoyak, sambal terasi atau sambal mangga pun menjadi pendamping seruit ini.

Ikan bakar dengan sambal saat dikombinasikan akan menciptakan rasa yang gurih, asam, manis, apalagi jika didampingi dengan nasi hangat, kelezatan hidangan ini tiada duanya.

Hidangan ini selalu ada di setiap acara keluarga, namun restoran atau kedai makanan di sekitaran Lampung pun banyak yang menjualnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini