5 Syarat Membuat Visa untuk Traveling ke Luar Negeri

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 406 2327568 5-syarat-membuat-visa-untuk-traveling-ke-luar-negeri-ENkCpWUsRm.jpg Ilustrasi. (Foto: Guadeloupe)

VISA diibaratkan sebagai dokumen untuk izin masuk atau berkunjung ke suatu negara yang mensyaratkan adanya izin masuk. Ada syarat membuat visa yang bisa Anda simak, khususnya bagi pemula.

Perlu diketahui, visa berbeda dari paspor yang dikeluarkan oleh negara pemohon atau tepatnya visa dikeluarkan oleh negara terkait yang menjadi tujuan pelancong.

Visa dibuat tentunya dengan berbagai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh sang pemohon. Bentuk dari visa pun beranekaragam tergantung ketentuan negara, ada yang berupa stampel ataupun stiker.

Namun tidak semua negara memerlukan Visa, hanya beberapa negara yang saja yang mengharuskan pelancongnya membuat Visa, seperti Korea Selatan, Amerika dan Australia.

Baca Juga: Kenapa Pramugari Harus Berpostur Tinggi? Awak Kabin Cantik Ini Ungkap Alasannya!

visa

Berikut ini adalah syarat membuat visa yang sudah Okezone rangkum dari berbagai sumber. Yuk simak ulasan di bawah ini jika Anda berminat jalan-jalan ke negara yang memerlukan visa.

Jenis visa

- Visa On Arrival

Jenis Visa ini memperbolehkan para pelancong mengurus perizinan setelah mendarat di Negara terkait. Masa berlaku Visa berbeda-beda tergantung ketentuan Negara, nantinya pelancong akan diberikan stempel atau stiker di pintu imigrasi negara tersebut dan di situ pula pembayaram biaya Visa dilakukan.

- Visa Sebelum Kedatangan

Nah, jenis Visa ini mengharuskan para pelancong untuk membuat Visa sesaat sebelum melakukan penerbangan ke negara terkait.

Pemohon harus mendatangi Kedubes negara terkait untuk membuat dan mendapatkan visa.

Persyaratan membuat visa

Dokumen persyaratan yang biasanya harus dipenuhi pemohon antara lain sebagai berikut:

- Paspor Asli

- Fotokopi Paspor (berupa stampel negara yang pernah dikunjungi dan identitas diri)

- Fotokopi KTP, Akta lahir dan Kartu Keluarga

- Fotokopi surat nikah (jika sudah menikah)

- Surat keterangan kerja dari perusahaan (dalam bahasa inggris)

- Surat rekomendasi kampus atau sekolah untuk pelajar (dalam bahasa Inggris)

- Pas foto (sesuai ketentuan negara terkait)

- Rekening koran asli selama 3 bulan terakhir (cap/legalisir bank)

- Bukti booking Tiket pesawat beserta akomodasi lain

- Surat keterangan kerja dari perusahaan

- Asuransi Perjalanan (jika dibutuhkan)

Baca Juga: Viral! Momen Haru Pramugari Cantik Satu Pesawat dengan Ibunda

Pembuatan visa apakah bisa diwakilkan?

Ada beberapa negara yang memperbolehkan pembuatan visa dengan bantuan Travel Agent, saudara maupun kerabat, contohnya seperti Korea Selatan.

Namun ada pula yang tidak bisa diwakilkan seperti pembuatan Visa Amerika, karena pemohon harus melakukan sesi wawancara bersama Kedubes.

Bagaimana cara mendaftar untuk permohonan visa?

Saat ini semakin berkembangnya teknologi, maka untuk mendaftar dan mengisi formulir permohonan dilakukan secara online di website resmi Kedubes negara terkait.

Di dalam website resmi semua yang berkaitan dengan pembuatan visa akan di infokan melalui website, contohnya untuk mengetahui apakah visa Anda diterima atau ditolak, cara pembayaran dan di mana membayarnya, kemudian kapan Anda bisa mengambil visa tersebut, serta informasi lainya.

Pengambilan visa

Pengambilan visa bisa dilakukan dengan datang ke Kedubes negara terkait seperti Visa Korea Selatan yang mengharuskan pemohon mengambilnya di Kedubes.

Adapun Visa yang bisa dikirim ke alamat dan lokasi pemohon seperti Visa Amerika yang mengirimkan Visa ke alamat pemohon melalui kurir.

"Setelah visa anda disetujui, kurir RPX akan mengembalikan paspor anda ke lokasi kurir yang anda tentukan ketika membuat jadwal wawancara. Biaya kurir untuk pengembalian paspor dan visa anda sudah termasuk dalam biaya permohonan visa," bunyi keterangan di laman resmi Kedubes Amerika, ustraveldocs.com

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini