Pulau Bintan Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara Februari 2021

Antara, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 23:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 406 2327583 pulau-bintan-dibuka-untuk-wisatawan-mancanegara-februari-2021-jTkIwKwbzt.jpg Kawasan wisata Lagoi Bay, Bintan, Kepulauan Riau (Antara/Ogen)

KEPALA Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Buralimar menyampaikan pintu masuk wisatawan mancanegara atau wisman di kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan, akan dibuka pada awal Februari 2021 atau sebelum Hari Raya Imlek.

Buralimar menyebut pembukaan pintu masuk wisman di kawasan wisata bertaraf internasional Pulau Bintan itu sudah mendapat restu dari Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Baca juga:  Melihat Wajah Baru Senen, Ikon Jakarta yang Dibanggakan Anies Baswedan

"Kami tinggal menunggu Kementerian Hukum dan HAM RI, mencabut kebijakan larangan masuk wisman ke Indonesia. Sudah beberapa kali disurati, mudah-mudahan segera dicabut," kata Buralimar di Tanjungpinang, Senin (14/12/2020).

Buralimar memastikan Lagoi sudah siap menerima wisman dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

 

Bahkan sejumlah Menteri Jokowi sudah pernah menggelar rapat koordinasi percepatan penanganan COVID-19 di wilayah tersebut pada bulan September 2020.

"Pengelola Lagoi telah menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan yang sesuai standar pemerintah maupun WHO," imbuhnya.

Baca juga: Langgar Karantina 8 Detik, Turis Filipina Kena Denda Puluhan Juta 

Selain itu, kata dia, pengelola Lagoi rencananya bakal memberlakukan zona khusus bagi wisman, mulai jalur kedatangan hingga tempat-tempat wisata yang dikunjungi demi memberikan rasa aman dan nyaman.

"Wisatawan nusantara pun demikian, ada zona khusus yang boleh dan tidak dikunjungi. Bukan bermaksud melanggar HAM, tapi menghindari terjadinya kerumunan," tutur dia.

Buralimar mengatakan sejak kasus COVID-19 pertama di Kepri pada Maret 2020 hingga saat ini. Jumlah kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri di Lagoi hanya 163.541 orang, sementara pada tahun 2019 mencapai 1.272.509 orang.

Secara umum Kabupaten Bintan menjadi penyumbang kunjungan wisman terbesar kedua di Kepri. Sementara Kepri sendiri merupakan pintu masuk wisman terbesar di Indonesia setelah Bali pada tahun 2019.

Oleh karena itu, lanjut Buralimar, pihak pengelola Lagoi dan Pemerintah Daerah berharap akses masuk wisman secepatnya dibuka agar pariwisata Kepri, khususnya di Lagoi kembali menggeliat.

"Pariwisata di Lagoi sangat terpuruk. Tidak sedikit hotel yang berhenti beroperasi, bahkan merumahkan dan memberhentikan karyawan akibat COVID-19," ujar Buralimar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini